Saputra, Deni Irawan (2011) Studi tentang Motivasi Siswa terhadap Permainan Sepaktakraw di SD No. 200/II Embacang Gedang Kecamatan Tanah Sepenggal Kabupaten Bungo. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_DENI_IRAWAN_SAPUTRA_94443_2011.pdf
Download (219kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui studi tentang motivasi sebagaivariabel bebas dan pembelajaran sepaktakraw di SD no. 200/II Embacang GedangKecamatan Tanah Sepenggal Kabupaten Bungo sebagai variabel terikat.Permasalahan dalam penelitian ini dimana motivasi siswa terhadap permainansepaktakraw di SD no. 200/II Embacang Gedang Kecamatan Tanah SepenggalKabupaten Bungo masih jauh dari yang diharapkan, hal ini disebabkan karenakurangnya sarana dan prasarana dimana hanya terdapat satu buah lapangansepaktakraw, program latihan yang tidak terencana dengan baik, kurangnyaperhatian kepala sekolah, kualitas pelatih yang masih di bawah standar, pelaksanaankegiatan tidak rutin.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa putra dan putri SD no. 200/IIEmbacang Gedang Kecamatan Tanah Sepenggal Kabupaten Bungo Kelas IIIsebanyak 10 orang, kelas IV sebanyak 10 orang, dan kelas V sebanyak 10 orang,jadi jumlah seluruhnya 30 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengantotal sampling yaitu seluruh populasi penelitian sebanyak 30 orang siswa. Untukmengetahui data tentang motivasi dilakukan dengan cara membagikan angket(kuisioner). Sedangkan untuk pembelajaran sepaktakraw diambil datanya dariguru bidang studi penjasorkes.Analisis data dan pengujian hipotesis penelitian menggunakan teknikanalisa korelasi product moment dengan taraf signifikan α = 0,05. Dari analisisdata dapat diperoleh hasil “terdapat hubungan yang berarti antara motivasi denganpembelajaran sepaktakraw di SD no. 200/II Embacang Gedang Kecamatan TanahSepenggal Kabupaten Bungo dengan perolehan ro (0,560) > rtab (0,361). Hal inidilakukan dengan menggunakan uji t1 dimana to yang diperoleh (3,577) dan ttab(2,95) jadi to (3,577) > ttab (2,05). Artinya, tingkat hubungan antara motivasidengan pembelajaran sepaktakraw di SD no. 200/II Embacang GedangKecamatan Tanah Sepenggal Kabupaten Bungo sebesar 0,560 dengan sumbanganr2x 100% = 31,4%. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa semakintinggi tingkat motivasi maka hasil pembelajaran sepaktakraw yang diperolehsemakin baik. Dan apabila motivasi rendah maka hasil pembelajaran akan rendahpula.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | MOTIVASI SISWA, SEPAKTAKRAW |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology S Sport |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi-S1 |
| Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
| Date Deposited: | 19 Nov 2025 09:15 |
| Last Modified: | 19 Nov 2025 09:15 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29535 |
