Evaluasi Relevansi Kesiapan Mengajar Mahasiswa PLK dengan Kebutuhan Sekolah di Program Studi Pendidikan Ekonomi FE UNP.

Nansyah, Deni (2009) Evaluasi Relevansi Kesiapan Mengajar Mahasiswa PLK dengan Kebutuhan Sekolah di Program Studi Pendidikan Ekonomi FE UNP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_DENI NANSYAH 48736-04-09.pdf] Text
final_B1_DENI NANSYAH 48736-04-09.pdf

Download (175kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi relevansi kesiapanmengajar mahasiswa PLK dengan kebutuhan sekolah di Program StudiPendidikan Ekonomi FE UNP.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dalampenelitian ini yaitu semua guru pembimbing dan mahasiswa PLK periode JuliDesember 2008 di Program Studi Pendidikan Ekonomi FE UNP. Teknikpengambilan sampel adalah guru pamong diambil dengan cara cluster randomsampling, sedangkan mahasiswa PLK diambil dengan menggunakan teknikSloven. Jenis datanya adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulandata adalah data primer dengan cara menggunakan kuisioner, dan data sekunderdiminta di sekolah sampel tempat mahasiswa melaksanakan Program PraktekLapangan Kependidikan (PPLK). Teknik analisa data yaitu analisa deskriptifdengan membandingkan persentase kesiapan mengajar mahasiswa PLK denganpersentase kesiapan mengajar yang dibutuhkan oleh sekolah sehingga terdapatgap. Dengan gap tersebut dapat dievaluasi relevansi kesiapan mengajarmahasiswa PLK dengan kebutuhan sekolah di Program Studi PendidikanEkonomi FE UNP.Hasil Penelitian ini menunjukkan adanya kesiapan mengajar mahasiswaPLK yang relevan dan yang kurang relevan dengan kebutuhan sekolah.Disarankan agar mahasiswa PLK lebih mendalami kemampuan atauketerampilan dalam mengajar, bersungguh-sungguh dalam melaksanakan PPLK,menyusun RPP sebelum mengajar, memvariasikan dan menggkombinasikanmetode mengajar, menggunakan media yang bervariasi, tidak hanya beroreantasipada buku teks, dan banyak latihan dalam mengajar.’

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KESIAPAN MENGAJAR, EVALUASI RELEVANSI
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 19 Nov 2025 09:14
Last Modified: 19 Nov 2025 09:14
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29530

Actions (login required)

View Item
View Item