Pengaruh Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Diklat Reparasi Compact Casette Recorder Kelas XI Jurusan Teknik Audio Video di SMKN 2 Kota Solok

Putra, Rahmat Maulana (2014) Pengaruh Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Diklat Reparasi Compact Casette Recorder Kelas XI Jurusan Teknik Audio Video di SMKN 2 Kota Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_RAHMAT_ MAULANA_ PUTRA_97593_1235_2014.pdf] Text
B1_05_RAHMAT_ MAULANA_ PUTRA_97593_1235_2014.pdf

Download (3MB)

Abstract

Rendahnya minat dan motivasi siswa saat belajar menimbulkan suasana
belajar yang kurang menarik dan komunikatif yang berdampak terhadap
rendahnya hasil belajar siswa. Belum adanya penggunaan media pembelajaran
Multimedia Interaktif yang kreatif dan inovatif yang mampu membangkitkan
minat dan keinginan siswa saat belajar merupakan faktor penyebab rendahnya
hasil belajar siswa. Oleh karena itu dibutuhkan suatu media pembelajaran yang
mampu membangkitkan minat dan motivasi siswa saat belajar salah satunya
dengan penggunaan media animasi berbasis flash seperti Macromedia Flash.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis
Multimedia interaktif menggunakan Macromedia Flash siswa kelas XI TAV
semester ganjil SMKN 2 Kota Solok Tahun Ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini
merupakan penelitian eksperimen. Pengambilan sampel dengan teknik Random
Sampling, sebagai kelas kontrol adalah XI TAV2 A menggunakan media
langsung dan kelas eksperimen adalah XI TAV2 B menggunakan media
Macromedia Flash. Teknik pengumpulan data dari tes akhir, kemudian dianalisis
untuk uji homogenitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian kelas
eksperimen mendapatkan nilai rata-rata 81,14, sedangkan kelas kontrol
mendapatkan nilai rata-rata 73,23. Kemudian dari hasil perhitungan hipotesis pada
taraf signifikan α = 0,05 didapatkan thitung> ttabel yaitu (2,060 > 2,775). Karena
thitungbesar dari ttabel maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha)
diterima. Dapat disimpulkan bahwa multimedia menggunakan Macromedia
Flash lebih baik dibandingkan dengan media langsung dan memberikan pengaruh
yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Mulida Djamarin S.Sos
Date Deposited: 19 Nov 2025 05:27
Last Modified: 19 Nov 2025 05:27
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29525

Actions (login required)

View Item
View Item