Saputri, Elna (2010) Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Pembelajaran Course Review Horay dengan Metode Pembelajaran Konvensional pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMP N 13 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_ELNA_SAPUTRI_73731_1972_2010.pdf
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa pembelajaran
sering didominasi oleh guru. Banyak metode pembelajaran yang diterapkan oleh
guru dalam penyajiannya. Diantaranya adalah metode pembelajaran Course
Review Horay. Masing - masing metode pembelajaran sama – sama memiliki
kekuatan dan kelemahan. Untuk melihat kemungkinan mana yang terbaik maka
dilakukan suatu penelitian yang berbentuk eksperimen. Melihat gejala tersebut
maka dapat dirumuskan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat
perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran Course
Review Horay dengan metode pembelajaran konvensional pada mata pelajaran
ekonomi di kelas VII SMP N 13 Padang. Hipotesis penelitian adalah terdapatnya
perbedaan yang berarti antara hasil belajar siswa menggunakan metode
pembelajaran Course Review Horay dengan metode pembelajaran konvensional.
Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen untuk melihat
perbedaan hasil belajar siswa menggunakan metode Course Review Horay dengan
metode pembelajaran konvensional. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII
SMP N 13 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2009 / 2010 dan teknik dalam
penentuan sampel adalah Purposive Sampling sehingga yang menjadi sampel
adalah kelas VII2 sebagai kelas eksperimen dan VII3 sebagai kelas kontrol. Kelas
eksperimen berjumlah 36 orang siswa dan kelas kontrol berjumlah 36 orang
siswa. Data primer penelitian ini diperoleh dari tes hasil belajar ekonomi siswa.
Berdasarkan analisis data diperoleh nilai rata-rata posttest kelas
eksperimen 80,89 dengan standar deviasi 10,03. Sedangkan untuk kelas kontrol
nilai rata-rata posttest diperoleh dengan nilai 70,89 dan standar deviasi 12,74. Dari
hasil uji hipotesis diperoleh thit 3,69 dan ttab 1,96 berarti thit > ttab sehingga Ha
diterima dan H0 ditolak. Hal ini berarti terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang
menggunakan metode pembelajaran Course Review Horay dengan metode
pembelajaran konvensional. Akhirnya, untuk dapat meningkatkan hasil belajar
ekonomi siswa, disarankan kepada guru untuk dapat mempertimbangkan metode
Course Review Horay sebagai alternatif dalam proses pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1 |
| Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
| Date Deposited: | 19 Nov 2025 03:59 |
| Last Modified: | 19 Nov 2025 03:59 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29508 |
