Perbedaan Hasil Belajar Siswa yang Menggunakan Motode Problem Solving yang Dipadu dengan Problem Sheet Dibandingkan Metode Konvensional pada Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA N 3 Padang

Prima, Yuni (2008) Perbedaan Hasil Belajar Siswa yang Menggunakan Motode Problem Solving yang Dipadu dengan Problem Sheet Dibandingkan Metode Konvensional pada Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA N 3 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_YUNI PRIMA 42959-03-08.pdf] Text
final_B1_YUNI PRIMA 42959-03-08.pdf

Download (226kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan metode problem solving yang dipadu dengan problem sheet dengan hasil belajar siswa yang menggunakan metode konvensional Hipotesis yang penulis kemukakan dalam penelitian ini adalah siswa yang diajar dengan motode problem solving yang dipadu dengan problem sheet lebih tinggi hasil belajarnya dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan metode konvensional pada siswa kelas XI IPS SMA N 3 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMA N 3 Padang, sampel diambil dengan teknik purposive sampling, dengan cara acak didapatkan kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan uji Z karena sampel yang diambil memiliki jumlah siswa lebih dari 30 orang. Untuk pengujian hipotesis penelitian di atas diambil data hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu dengan cara tes tertulis sebagai tes akhir, dimana tes akhir yang diberikan kepada kelas eksperimen dan kelas kontrol diujicobakan dan dianalisa. Dari analisa ini diperoleh koefisien reliabilitas = 0,76 (tinggi). Berdasarkan analisis data diperoleh nilai rata-rata tes akhir kelas eksperimen 72,7 dengan standar deviasi 10,95 dan rata-rata kelas kontrol 64,3 dengan standar deviasi 10,62 sedangkan uji hipotesis diperoleh nilai sebesar 3,66 dan untuk hitungZ tabelZ 05,0= α sebesar 1.96 Hal ini berarti hipotesis diterima. Jadi dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol, perbedaan tersebut diyakini sebagai pengaruh dari perlakuan yang diberikan pada kelas eksperimen berupa metode problem solving yang dipadu dengan problem sheet. Dari hasil penelitian ini, penulis menyarankan kepada guru Mata Pelajaran Akuntansi untuk menggunakan metode Problem solving yang dipadu dengan problem sheet pembelajaran ini sangat baik digunakan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR SISWA, PROBLEM SOLVINGYANG, PROBLEM SHEET, METODE KONVENSIONAL
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 19 Nov 2025 03:15
Last Modified: 19 Nov 2025 03:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29498

Actions (login required)

View Item
View Item