Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Rangkaian Listrik Siswa Kelas X TITL SMK N 1 Kecamatan Guguak Kabupaten 50 Kota Tahun Ajaran 2010/2011

Wahyudi, Delvi (2012) Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Rangkaian Listrik Siswa Kelas X TITL SMK N 1 Kecamatan Guguak Kabupaten 50 Kota Tahun Ajaran 2010/2011. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_DELVI_WAHYUDI_76527_526_2012.pdf] Text
final_B1_DELVI_WAHYUDI_76527_526_2012.pdf

Download (449kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan hubungan motivasi belajardengan hasil belajar siswa kelas X TITL pada mata pelajaran Rangkaian Listrik SMKNegeri 1 Kecamatan Guguak Kabupaten 50 Kota Tahun Ajaran 2010/2011. Hipotesisyang diajukan adalah terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajardengan hasil belajar siswa kelas X TITL pada mata pelajaran Rangkaian ListrikMetode penelitian yang digunakan adalah metode korelasional. Subjekpenelitian adalah siswa kelas X TITL yang berjumlah 31 orang. Dalam penelitian inimenggunakan 2 variabel, yaitu motivasi belajar sebagai variabel bebas (X) dan hasilbelajar mata pelajaran Rangkaian Listrik sebagai variabel terikat (Y). Instrumen yangdigunakan dalam penelitian ini dalam pengumpulan data variabel X adalah berupaangket dalam bentuk skala likert berjumlah 50 buah pernyataan untuk variabel X danvariabel Y adalah berupa nilai hasil belajar Rangkaian Listrik yang didapat dari nilairapor siswa. Untuk menguji validitas angket digunakan program SPSS 16.0.Berdasarkan hasil uji coba angket motivasi belajar yang telah dianalisis, terdapat 35pernyataan yang valid dan 15 item pernyataan yang tidak valid.Dari hasil penelitian ini diperoleh nilai rhitung sebesar 0,671 yang termasukkategori tinggi dan nilai thitung sebesar 4,862, karena thitung lebih besar dari ttabel (4,862> 1,699), maka H0 ditolak, artinya terdapat hubungan yang signifikan antara motivasibelajar dengan hasil belajar pada mata pelajaran Rangkaian Listrik dengan nilaikoefisien diterminan sebesar 45,02 %.Implikasi hasil penelitian ini adalah upaya peningkatan hasil belajar siswapada mata pelajaran Rangkaian Listrik dapat dilakukan dengan meningkatkanmotivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MOTIVASI BELAJAR, HASIL BELAJAR, RANGKAIAN LISTRIK
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 19 Nov 2025 02:27
Last Modified: 19 Nov 2025 02:27
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29465

Actions (login required)

View Item
View Item