Seswita, Delvi (2012) Perbandingan Hasil Belajar Biologi Siswa yang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan Power of Two di Kelas VII SMP Negeri 3 Batang Anai. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_DELVI SESWITA_05001.pdf
Download (144kB)
Abstract
Nilai rata-rata Ujian Semester I Biologi Kelas VII SMP Negeri 3 BatangAnai masih rendah. Hal ini terjadi karena pada umumnya pembelajaran masihterpusat pada guru serta kurang termotivasinya siswa dalam pembelajaran. Salahsatu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan modelpembelajaran yang lebih memotivasi siswa, yaitu menggunakan modelpembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan Power of Two. Model inidapat digunakan pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini bertujuanmengetahui perbedaan hasil belajar biologi siswa antara yang menggunakanmodel pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan Power of Two diKelas VII SMP Negeri 3 Batang Anai.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancanganpenelitian the static group comparation. Populasi dalam penelitian ini adalahseluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Batang Anai yang berjumlah 304 orang.Sampel diambil dengan menggunakan teknik Purposive sampling denganmempertimbangkan kesamaan nilai rata-rata, sehingga diperoleh kelas VII5sebagai kelas eksperimen I dan kelas VII4 sebagai kelas eksperimen II. Instrumenyang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa dalam bentukpilihan ganda sedangkan, data dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan, hasil belajar biologi siswa yangmenggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share lebih tinggidibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Power ofTwo. Uji persamaan dua rata-rata data sampel didapatkan thitung sebesar 2,41 danttabel sebesar 1,671 berarti thitung > ttabel sehingga hipotesis diterima. Hal inimenunjukkan bahwa hasil belajar biologi yang pembelajaran aktifnyamenggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbedasecara signifikan dengan yang menggunakan model Power of Two pada siswakelas VII SMP Negeri 3 Batang Anai. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwahasil belajar biologi siswa yang pembelajaran aktifnya menggunakan modelpembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share lebih baik daripada menggunakanmodel pembelajaran kooperatif tipe Power of Two.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR BIOLOGI, MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF |
| Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
| Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
| Date Deposited: | 19 Nov 2025 02:24 |
| Last Modified: | 19 Nov 2025 02:24 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29457 |
