Pengaruh Penerapan Strategi Active Learning Perpaduan antara Tipe LSQ dan Index Card Match terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kota Solok

Putri, Zumeria (2011) Pengaruh Penerapan Strategi Active Learning Perpaduan antara Tipe LSQ dan Index Card Match terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kota Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_ZUMERIA PUTRI-77509-2011.pdf] Text
final_B1_ZUMERIA PUTRI-77509-2011.pdf

Download (296kB)

Abstract

berlangsung. Sebagian besar siswa hanya menerima apa yang dijelaskan guru tanpa
mau bertanya maupun menjawab pertanyaan yang diberikan. Akibatnya hasil belajar
fisika siswa rendah. Untuk mengatasi masalah tersebut maka diperlukan strategi
pembelajaran aktif. Salah satu pembelajaran yang diberikan tipe LSQ dan index card
match. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penerapan
strategi active learning perpaduan antara tipe LSQ dan index card match. Hasil
belajar yang diteliti berupa ranah kognitif, ranah afektif dan ranah psikomotor.
Untuk mencapai tujuan di atas, maka dilakukan penelitian eksperimen semu
dengan rancangan penelitian berupa randomized control group only design. Populasi
dalam penelitian ini diambil siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Kota Solok yang
terdaftar pada tahun pelajaran 2010/2011. Sampel ditentukan melalui teknik cluster
random sampling untuk kedua kelas. Teknik analisis hasil belajar yang digunakan
adalah uji kesamaan dua rata-rata dengan menggunakan uji t pada taraf nyata 0,05
untuk ranah kognitif dan ranah psikomotor, sedangkan ranah afektif melalui
interpretasi data yang ditampilkan dalam grafik secara kualitatif.
Nilai rata-rata kelas eksperimen pada ranah kognitif 64,67 sedangkan nilai ratarata
kelas kontrol 60,22. Dilihat dari ranah afektif, kelas eksperimen lebih baik dari
kelas kontrol yang dapat dilihat dari grafik yang terus meningkat tiap pertemuan.
Demikian pula untuk ranah psikomotor, kelas eksperimen memperoleh rata-rata 75,7
dan kelas kontrol 72,3. Hipotesis kerja yang berbunyi ”terdapat pengaruh yang berarti
hasil belajar fisika menggunakan strategi active learning perpaduan antara tipe LSQ
dan index card match terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VII SMP Negeri 2
Kota Solok” pada ranah kognitif dan ranah psikomotor secara kuantitatif serta ranah
afektif secara kualitatif dapat diterima pada taraf nyata 0,05. Strategi active learning
perpaduan antara tipe LSQ dan index card match dapat meningkatkan hasil belajar
fisika siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 19 Nov 2025 02:21
Last Modified: 19 Nov 2025 03:07
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29439

Actions (login required)

View Item
View Item