Efendi, Delly (2010) Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Pengiriman Paket melalui Kantor Pos di Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_DELLY_EFENDI_73994_1103_2010.pdf
Download (309kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Pengaruh biayapengiriman paket melalui kantor Pos terhadap permintaan pengiriman paketmelalui kantor Pos (2) Pengaruh biaya pengiriman paket melalui TIKI terhadappermintaan pengiriman paket melalui kantor Pos (3) Pengaruh preferensikonsumen terhadap permintaan pengiriman paket melalui kantor Pos (4) Pengaruhpendapatan konsumen terhadap permintaan pengiriman paket melalui kantor Pos(5) Pengaruh biaya pengiriman paket melalui kantor Pos, biaya pengiriman paketmelalui TIKI, preferensi konsumen, pendapatan konsumen terhadap permintaanpengiriman paket melalui kantor Pos di kota Padang.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif yaitupenelitian yang mendeskripsikan variabel penelitian dan menemukan ada tidaknyapengaruh antara variabel bebas dengan variabel terikat. Jenis data dalampenelitian ini adalah data primer dari 100 sampel konsumen yang mengirimkanpaket melalui kantor Pos dengan teknik pengumpulan data angket menggunakanteknik accidential sampling. Teknik analisis data adalah deskriptif dan induktif.Analisis induktif terdiri dari Uji Prasyarat analisis; Uji multikolinearitas dan UjiHeterokedastisitas, Uji Regresi Linear Berganda, Uji t, Uji F test dengan α = 05,0dan analisis determinasi (R ). 2Hasil penelitian ini (1) Biaya pnegiriman paket melalui kantor Posberpengaruh negatif dan signifikan terhadap permintaan pengiriman paket melaluikantor Pos (sig = 0,045) dengan tingkat pengaruh sebesar -0,294 satuan (2) Biayapengiriman paket melalui TIKI berpengaruh positif dan signifikan terhadappermintaan pengiriman paket melalui kantor Pos (sig = 0,024) dengan tingkatpengaruh sebesar 0,306 satuan (3) Preferensi konsumen berpengaruh positif dansignifikan terhadap permintaan pengiriman paket melalui kantor Pos (sig = 0,000)dengan tingkat pengaruh sebesar 0,297 satuan (4) Pendapatan konsumenberpengaruh positif dan signifikan terhadap permintaan pengiriman paket melaluikantor Pos (sig = 0,000) dengan tingkat pengaruh sebesar 0,445 satuan (5) Biayapengiriman paket melalui kantor Pos, biaya pengiriman paket melalui TIKI,preferensi konsumen dan pendapatan konsumen secara bersama-samamemberikan pengaruh terhadap permintaan pengiriman paket melalui kantor Posdi kota Padang (sig = 0,000). Sumbangan Biaya Pengiriman Paket Melalui KantorPos, Biaya Pengiriman Paket Melalui TIKI, Preferensi Konsumen dan PendapatanKonsumen secara bersama-sama sebesar 31,60%.Penulis menyarankan kepada PT. Pos Indonesia (Kantor Pos) yang beradadi Kota Padang sebaiknya selalu memperhatikan perubahan-perubahan tarifpengiriman paket, menjaga kualitas pelayanan, meningkatkan keamanan terhadappaket kiriman dan memperhitungkan jaminan paket berdasarkan nilai ekonomisdan nilai guna paket yang akan dikirimkan.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | PERMINTAAN PENGIRIMAN PAKET |
| Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan-S1 |
| Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
| Date Deposited: | 19 Nov 2025 02:21 |
| Last Modified: | 19 Nov 2025 02:21 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29438 |
