Fitri, Delly (2009) Pengaruh Kepuasan atas Bauran Pemasaran Jasa (Marketing Mix) terhadap Loyalitas Pelanggan pada Hotel Pangeran Beach Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_DELLY FITRI 67754-05-09.pdf
Download (196kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis (1) pengaruh kepuasan atas produkterhadap loyalitas pelanggan (2) pengaruh kepuasan atas karyawan terhadap loyalitaspelanggan (3) pengaruh kepuasan atas bukti fisik terhadap loyalitas pelanggan (4)pengaruh kepuasan atas proses terhadap loyalitas pelanggan.Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif yaitu bertujuan untuk menganalisishubungan antara satu variabel dengan variabel lainnya atau bagaimana suatau variabelmempengaruhi variabel lainnya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelangganhotel Pangeran Beach Padang yang sudah pernah menginap di hotel Pangeran BeachPadang . Penetapan sampel diambil secara Accidental sampling. Teknik analisis datamengggunakan analisis deskriptif dan induktif melalui analisis jalur (Path Analysis) sertauji hipotesis menggunakan uji F dan uji t.Temuan penelitian ini adalah: (1) terdapat pengaruh yang signifikan variabelkepuasan atas produk terhadap loyalitas pelanggan, (2) terdapat pengaruh yang signifikanvariabel kepuasan atas karyawan terhadap loyalitas pelanggan, (3) terdapat pengaruhyang signifikan variabel kepuasan atas bukti fisik terhadap loyalitas pelanggan, (4)terdapat pengaruh yang signifikan variabel kepuasan atas proses terhadap loyalitaspelanggan pada hotel Pangeran Beach Padang. Pengaruh kepuasan atas produk terhadaployalitas pelanggan adalah sebesar 19,03%, Pengaruh kepuasan atas karyawan terhadaployalitas pelanggan sebesar 20,99%, Pengaruh variabel kepuasan atas bukti fisik terhadaployalitas pelanggan adalah sebesar 13,09%, dan Pengaruh variabel kepuasan atas prosesterhadap loyalitas pelanggan adalah sebesar 24,08%.Untuk dapat meningkatkan motivasi pelanggan terhadap loyalitas pelanggan padahotel Pangeran Beach Padang maka pihak hotel hendaknya menyediakan fasilitas teleponumum. Seluruh karyawan hotel lebih berupaya meningkatkan dan memperbaiki kualitaspelayanan secara terus menerus karena hotel Pangeran Beach Padang telah dikenaldimata konsumen sebagai hotel berbintang Empat. Kemudian pihak hotel juga harusmemperhatikan dan meningkatkan kualitas dinding kamar serta menjaga danmemperbaiki lingkungan atau tempat dimana jasa disampaikan, dan tempat terjadinyatransaksi antara pelanggan dengan karyawan selanjutnya pihak hotel juga berusahameningkatkan prosedur yang jelas serta aktivitas pada saat melayani pelanggan, danmenjamin kualitas serta konsistensi terhadap jasa yang diberikan.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | AURAN PEMASARAN JASA, MARKETING MIX, LOYALITAS PELANGGAN |
| Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi-S1 |
| Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
| Date Deposited: | 19 Nov 2025 02:21 |
| Last Modified: | 19 Nov 2025 02:21 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29434 |
