Putri, Della Nazda (2011) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA dengan Metode Eksperimen di Kelas V SDN 13 Ikur Koto Kecamatan Koto Tangah Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_DELLA_NAZDA_PUTRI_83320_2011.pdf
Download (243kB)
Abstract
Penelitian ini dilandasi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalampembelajaran IPA di kelas V SDN 13 Ikur Koto Kecamatan Koto Tangah Padang.Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang, melaksanakan danmeningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN 13 Ikur Koto KecamatanKoto Tangah Padang Tahun Ajaran 2010/2011 dengan menggunakan metodeeksperimen.Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakanpendekatan kualitatif dan kuantitatif, yang terdiri atas dua siklus. Setiap siklusnyaterdiri atas empat tindakan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 13 Ikur Koto KecamatanKoto Tangah Padang. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes,observasi, dan dokumentasi.Hasil pembelajaran IPA dengan metode eksperimen terbukti dapatmeningkatkan pembelajaran IPA, yaitu siswa lebih termotivasi untuk belajarsehingga nilai rata-rata siswa yang pada siklus I hanya 72.7 dengan kriteria baik,maka pada siklus II meningkat menjadi 81.9 dengan kriteria sangat baik.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR SISWA, PEMBELAJARAN IPA, METODE EKSPERIMEN |
| Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education Q Science > Q Science (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
| Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
| Date Deposited: | 19 Nov 2025 02:20 |
| Last Modified: | 19 Nov 2025 02:20 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29426 |
