Pengaruh Penggunaan Teknik Pembelajaran Everyone is a Teacher Here terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMPN 2 Padangpanjang.

Sari, Devine Intan (2011) Pengaruh Penggunaan Teknik Pembelajaran Everyone is a Teacher Here terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMPN 2 Padangpanjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_DELINE_INTAN_SARI_83106_2011.pdf] Text
final_B1_DELINE_INTAN_SARI_83106_2011.pdf

Download (556kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMP Negeri 2Padangpanjang, terlihat kurang optimalnya proses belajar mengajar. Hal initerbukti dengan kurangnya keaktifan dan minat siswa dalam PembelajaranTeknologi Informasi dan Komunikasi, sehingga mengakibatkan rendahnya hasilbelajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah Teknik PembelajaranEveryone is a Teacher Here berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dalampembelajaran TI&K pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Padangpanjang.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dalam bentuk quasyexperiment. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2Padangpanjang, pada tahun ajaran 2011 / 2012. Teknik penarikan sampel yangdilakukan dalam penelitian ini adalah dengan purposive sampling, sehingga yangmenjadi sampel adalah siswa kelas VIIC SMP Negeri 2 Padangpanjang (kelaseksperimen) dan siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Padangpanjang (kelas kontrol).Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar, alatpengumpul data yaitu lembaran soal tes. Data yang diperoleh, terlebih dahuludilakukan uji normalitas dan uji homogenitas kemudian barulah dianalisis denganmenggunakan uji-t.Dari hasil penelitian rata-rata nilai siswa yang menggunakan TeknikPembelajaran Everyone is a Teacher Here (82,67 lebih tinggi dari pembelajaranyang tidak menggunakan Teknik Pembelajaran Everyone is a Teacher Here(73,3). Hasil uji t hitung > t tabel , yaitu 4,2 > 2,00 pada taraf kepercayaan α 0,05. Iniberati bahwa terdapat perbedaan yang signifikan nilai antara kelas eksperimendengan kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapanTeknik Pembelajaran Everyone is a Teacher Here dalam proses belajar mengajarpada mata pelajaran TIK berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada matapelajaran TIK pada pokok bahasan Peralatan Telekomunikasi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: TEKNIK PEMBELAJARAN, HASIL BELAJAR SISWA,PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 19 Nov 2025 02:20
Last Modified: 19 Nov 2025 02:20
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29424

Actions (login required)

View Item
View Item