Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan Menggunakan Metode Eksperimen di Kelas V SDN 34 Air Pacah Kecamatan Koto Tangah Padang.

Delfisra, Delfisra (2011) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan Menggunakan Metode Eksperimen di Kelas V SDN 34 Air Pacah Kecamatan Koto Tangah Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_DELFISRA_09481_2011.pdf] Text
final_B1_DELFISRA_09481_2011.pdf

Download (228kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kenyataan di lapangan bahwapembelajaran masih berpusat pada guru dan bersifat konvensional yangmengakibatkan hasil belajar siswa rendah, untuk itu peneliti melalui PenelitianTindakan Kelas ini akan mencoba melakukan penelitian dengan judulpeningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA dengan menggunakanmetode eksperimen di kelas V SD Negeri 34 Air Pacah Koto Tangah KotaPadang.Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yangterdiri dari dua siklus, satu siklus dua kali pertemuan yang meliputi empat tahapyaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan tahap refleksi.Data penelitian ini berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yangdiperoleh dari hasil pengamatan dan tes. Subjek penelitian adalah guru, peneliti(praktisi) dan siswa kelas V yang berjumlah 25 orang. Analisis data dilakukandengan menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Penilaian yangdigunakan dalam pengumpulan data adalah penilaian hasil (kognitif), penilaianproses (afektif dan psikomotor), penilaian RPP dan lembar observasi siswa danguruSebelum penelitian dilaksanakan rata-rata nilai siswa 59. Setelahpenelitian dilaksanakan nilai meningkat, pada tes akhir siklus I nilai aspekkognitif 70%, nilai aspek afektif 67 %, dan aspek psikomotor 68 %, sedangkan tesakhir siklus II nilai meningkat menjadi aspek kognitif 82 %, aspek Afektif 81 %,dan aspek psikomotor 83 %, sehingga rata-rata hasil belajar siswa 82 %.Berdasarkan hasil tes yang telah dilakukan ternyata hasil belajar siswa tentanggaya magnet telah meningkat sesuai dengan harapan. Dengan demikian dapatdisimpulkan bahwa dengan menggunakan metode eksperimen dalampembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR SISWA, PEMBELAJARAN IPA,
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 18 Nov 2025 03:09
Last Modified: 18 Nov 2025 03:09
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29411

Actions (login required)

View Item
View Item