Akhmad, Randy Yuszally (2011) Pengaruh Iklan terhadap Brand Awareness (Kesadaran Merek) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang pada Siswa SMA di Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_RANDY_YUSZALLY _AKHMAD_73902_1942_2011.pdf
Download (8MB)
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh iklan
terhadap brand awareness FE UNP pada siswa SMA di Kota Padang. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) sejauhmana iklan koran berpengaruh
terhadap brand awareness FE UNP pada siswa SMA di Kota Padang, (2)
sejauhmana iklan radio berpengaruh terhadap brand awareness FE UNP pada
siswa SMA di Kota Padang, (3) sejauhmana iklan spanduk berpengaruh terhadap
brand awareness FE UNP pada siswa SMA di Kota Padang dan (4) sejauhmana
iklan brosur berpengaruh terhadap brand awareness FE UNP pada siswa SMA di
Kota Padang .
Penelitian ini merupakan penelitian kausatif yang dilaksanaan pada SMA
di Kota Padang dan penelitian dilaksanakan dari bulan Desember 2010 sampai
Januari 2011. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA di Kota Padang
yang pernah mendapatkan informasi tentang FE UNP melalui iklan. Sampel
diambil dengan menggunakan multistage random sampling. Pengujian instrumen
dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data menggunakan uji
asumsi klasik, analisis linier berganda, serta uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) iklan koran berpengaruh
signifikan terhadap brand awareness, (2) iklan radio berpengaruh signifikan
terhadap brand awareness, (3) iklan spanduk berpengaruh signifikan terhadap
brand awareness, (4) iklan brosur berpengaruh signifikan terhadap brand
awareness. Hasil analisis menunjukkan bahwa sumbangan iklan berpengaruh
signifikan terhadap brand awareness FE UNP pada siswa SMA di Kota Padang
adalah sebesar 62,6%.
Untuk meningkatkan brand awareness, hendaknya pihak FE UNP terus
memperhatikan dan mengevaluasi serta mengembangkan periklanan baik itu dari
iklan koran, iklan radio, iklan spanduk dan iklan brosur
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | BRAND AWARENESS |
| Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen-S1 |
| Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
| Date Deposited: | 17 Nov 2025 09:10 |
| Last Modified: | 17 Nov 2025 09:11 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29372 |
