Afrila, Diliza (2010) Penerapan Metode Planted Questions dalam Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di Kelas X Tata Niaga 2 SMK N 1 Lubuksikaping. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_DILIZA_AFRILA_65123_2010.pdf
Download (192kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode planted questions dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action
research). Peneliti dalam penelitian ini bertindak sebagai guru mata pelajaran IPS.Penelitian ini dilaksanakan secara kolaboratif dengan guru mata pelajaran IPS yang bertindak sebagai observer. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Tata Niaga 2 SMK N 1 Lubuksikaping. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Data yang dikumpulkan berhubungan dengan aktivitas belajar siswa. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi yang digunakan untuk mengamati aktivitas belajar siswa selama proses belajar mengajar berlangsung dengan cara memberikan tanda checklist pada alternatif tertentu. Data aktivitas belajar siswa yang diperoleh diolah dengan teknik persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan yaitu aktivitas siswa yang membaca buku sumber meningkat 10%, memperhatikan penjelasan guru meningkat 18%,
mengajukan pertanyaan meningkat 42%, menjawab pertanyaan meningkat 33%,memberikan tanggapan meningkat 31%, mengerjakan tugas dengan tekun dan teliti meningkat 13%, menyelesaikan tugas dan mengumpulkannya tepat waktu
meningkat 20%, dan mencatat penjelasan guru meningkat 25%.
Oleh sebab itu disarankan kepada guru-guru SMK N 1 Lubuksikaping untuk menerapkan metode planted questions sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 17 Nov 2025 09:10 |
| Last Modified: | 17 Nov 2025 09:10 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29370 |
