Deri, Deka Afria (2011) Upaya Meningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Teknik Catat Tulis Susun (CTS) pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas VIIId SMP Negeri 21 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_DEKA_AFRIA_DERI_77643_2200-2011.pdf
Download (672kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui hasil belajar Ekonomi denganmenggunakan teknik Catat Tulis Susun (CTS) pada siswa kelas VIIId SMP N 21Padang.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan subjekpenelitian adalah siswa kelas VIII D yang berjumlah sebanyak 32 orang siswa danterdiri dari 15 orang laki-laki dan 17 orang perempuan. Analisis data penelitian inidilakukan melalui pemberian tes pada akhir pelajaran Siklis I dan Siklus II untukmengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Data yang diperoleh dianalisis denganmenggunakan analisis persentase.Hasil penelitian dari dua siklus menunjukan bahwa hasil belajar siswa yangrelevan dengan pembelajaran mengalami peningkatan sejak siklus I dan peningkatanini berlanjut pada siklus II. Berdasarkan hasil perbandingan kedua siklus dapatdiketahui bahwa Pada siklus I siswa yang tuntas 53.13% dan meningkat pada siklus IImenjadi 93.75%, begitupun dengan rata-rata nilai meningkat dari pada siklus I 62.50menjadi 76.40 pada siklus II.Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini antara lain : 1)Kepada pihaksekolah untuk mensosialisasikan teknik mencatat Catat Tulis Susun , agar dapatdigunakan oleh guru dalam pembelajaran, 2)Bagi tenaga pendidik, khususnya gurupelajaran Ekonomi diharapkan dapat menerapkan teknik ini sebagai salah satualternatif dalam peningkatan hasil belajar siswa.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | MOTIVASI BELAJAR, AKTIVITAS BELAJAR, HASIL BELAJAR |
| Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HC Economic History and Conditions L Education > LC Special aspects of education |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1 |
| Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
| Date Deposited: | 17 Nov 2025 06:59 |
| Last Modified: | 17 Nov 2025 06:59 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29331 |
