Fadhilah, Zulliyanti (2011) Pemanfaatan Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Produktif Tata Busana SMK Negri 3 Pekanbaru. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_ZULLIYANTI_FADHILAH_80662_3885_2011.pdf
Download (267kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan disekolah bahwa proses
pembelajaran selalu didominasi oleh guru sebagai sumber informasi, seringkali
informasi atau pesan yang dsampaikan tidak dapat diterima dengan baik oleh
siswa. Oleh karena itu guru harus menggunakan media pembelajaran, namun
disamping itu penggunaan media pembelajaran tidak hanya dilihat dari
kecanggihan medianya, akan tetapi bagaimana cara guru merencanakan dan
menggunakan media pembelajaran tersebut. Oleh sebab itu dituntut seorang
guru dalam memanfaatkan media pembelajaran agar pembelajaran dapat
berjalan efektif dan efesien. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan
pemanfaatan media pembelajaran pada mata pelajaran produktif di SMK
Negeri 3 Pekanbaru, dilihat dari perencanaan media pembelajaran, penggunaan
media pembelajaran pada mata pelajaran produktif di SMK Negeri 3
Pekanbaru.
Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif, dimana penelitian ini hanya
menggambarkan keadaan apa adanya yaitu melihat gambaran pemanfaatan
media pembelajaran pada mata pelajaran produktif di SMK Negeri 3
Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah guru yang mengajar mata
pelajaran produktif di SMK Negeri 3 Pekanbaru pada tahun ajaran 2010/2011.
Sampel diambil dengan teknik total sampling dengan jumlah sampel 13 orang.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Instrumen
penelitian disusun berdasarkan kisi-kisi instrumen, pengumpulan data
diperoleh dari responden melalui pengisian angket.
Untuk pengolahan data yang dilakukan dengan menggunakan program
komputer Statistic Product Solution and Service versi 11,00 (SPSS). Analisis
deskriptif hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Indikator perencanaan
media pembelajaran termasuk dalam kategori Jarang dengan persentase
46,15%, 2) Indikator penggunaan media pembelajaran termasuk dalam kategori
Sering dengan persentase 69,23%. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa
pemanfaatan media pembelajaran pada mata pelajaran produktif di SMK
Negeri 3 Pekanbaru termasuk dalam kategori Sering dengan persentase
53,84%.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Tata Busana-D3 |
| Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
| Date Deposited: | 17 Nov 2025 06:55 |
| Last Modified: | 17 Nov 2025 09:40 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29305 |
