Sumita, Dedy (2011) Hubungan Cara Belajar dengan Hasil Belajar Survey dan Pemetaan Jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_DEDY SUMITA-74008-2012.pdf
Download (738kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara cara belajardengan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Survey dan pemetaan 2mahasiswa angkatan 2008 Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan JurusanTeknik Sipil FT-UNP.Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional, yang menjadi populasidalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Jurusan Teknik Sipil FT-UNPyang telah mengambil mata kuliah Survey dan Pemetaan berjumlah 144 orang.Karena pada penelitian ini jumlah populasi lebih dari 100 orang, maka penarikansampel dalam penelitian ini menggunakan sampel secara acak (RandomSampling). Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswayang telah mengambil mata kuliah Survey dan Pemetaan 2 semester genap tahun2008 sebanyak 65 orang.Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas (X) danvariabel terikat (Y). Variabel bebas dalam penelitian ini adalah cara belajarmahasiswa angkatan 2008 Program Studi S1 Pendidikan Teknik BangunanJurusan Teknik Sipil FT-UNP (X) dan variabel terikat dalam penelitian ini adalahhasil belajar mata kuliah Survey dan Pemetaan 2 mahasiswa angkatan 2008Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil FT-UNP(Y).Penyususnan instrument penelitian berpedoman pada Skala Likert.Sebelum digunakan sebagai alat pengumpul data, terlebih dahulu dilakukan ujicoba guna mengetahui validitas dan reliabilitas instrument. Data tersebutdianalisis secara statistik dengan bantuan program SPSS (Statistic Product AndService Solution) Versi 15.0 for windows. Dari hasil analisis diperoleh databerdistribusi normal dan linear pada taraf signifikansi α= 0,05Dari hasil analisis data diperoleh harga koefisien (r) dari kedua variabeldalam penelitian yaitu rhitung = 0,067, dimana rhitung < rtabel dengan kriteria (0,067 <0,244) jadi tidak terdapat hubungan yang signifikan antara cara belajar mahasiswadengan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Survey dan Pemetaan 2mahasiswa angkatan 2008 Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan JurusanTeknik Sipil FT-UNP yang telah di uji dengan taraf kepercayaan 95%.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | CARA BELAJAR, HASIL BELAJAR |
| Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil Bangunan Gedung-D3 |
| Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
| Date Deposited: | 17 Nov 2025 06:53 |
| Last Modified: | 17 Nov 2025 06:53 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29293 |
