Kontribusi Pemanfaatan Sarana dan Prasarana Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar TIK Siswa Kelas VIII SMPN 1 Pariangan Kabupaten Tanah Datar

Sumardi, Budi (2011) Kontribusi Pemanfaatan Sarana dan Prasarana Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar TIK Siswa Kelas VIII SMPN 1 Pariangan Kabupaten Tanah Datar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_BUDI SUMARDI-08173-2012.pdf] Text
final_B1_BUDI SUMARDI-08173-2012.pdf

Download (277kB)

Abstract

Berdasarkan pada permasalahan yang ada tentang hasil belajar siswa yang belum
mencapai KKM yang ditetapkan. Dari data yang diperoleh, 75 orang dari 122 orang
siswa mendapat nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu < 65 sebesar
61,48 %, sedangkan 47 orang siswa dari 122 orang mendapat nilai di atas KKM yaitu >
65 sebesar 38,52%.
Adapun indikator yang memperlihatkan rendahnya hasil belajar siswa tersebut antara
lain karena kurangnya pemanfaatan sarana dan prasarana belajar dan minat siswa untuk
mengikuti pelajaran.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan besarnya hasil belajar mata
pelajaran TIK kelas VIII SMPN 1 Pariangan Kabupaten Tanah Datar. Hipotesis yang
diajukan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Pemanfaatan sarana dan
prasarana TIK berkontribusi terhadap hasil belajar, (2) Minat belajar TIK berkontribusi
terhadap hasil belajar, dan (3) Pemanfaata sarana dan prasarana TIK dan minat belajar
TIK secara bersama-sama berkontribusi terhadap hasil belajar.
Ditinjau dari faktor pemanfaatan sarana dan prasarana TIK dan minat belajar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif korelasional. Populasi penelitian
berjumlah 122 orang dan sampel penelitian berjumlah 55 orang. Untuk menentukan
sampel digunakan rumus proporsional random sampling. Pengumpulan data
menggunakan angket dengan pengukuran skala likert 1-5. Sebelum digunakan angket
diuji coba terlebih dahulu, validitas butir diuji dengan menggunakan rumus korelasi
Product Moment dan reliabilitas angket diuji dengan menggunakan rumus Alpha
Cronbach. kemudian data tersebut diolah dengan menggunakan program SPSS 17.0.
Teknik Analisa data terdiri dari uji persyaratan analisis data, deskripsi data, uji
hipotesis, dan penentuan koefisien kontribusi. Uji persyaratan analisis data yaitu uji
normalitas menggunakan uji One Sample Kolmogorov-Smirnov, uji homogenitas
menggunakan uji analisis varian dan uji linearitas menggunakan Tes for linearity Untuk
mendeskripsikan data digunakan teknik analisa statistik deskriptif. Pengujian hipotesis
penelitian digunakan teknik korelasi sederhana dan uji t pada hipotesis pertama dan
hipotesis kedua serta analisis regresi linear berganda dan uji F pada pengujian hipotesis
ketiga. Untuk melihat besar koefisien kontribusi digunakan rumus koefisien
determinan. Hasil analisa data menunjukan bahwa terdapat kontribusi pemanfaatan
sarana dan prasarana TIK terhadap hasil belajar sebesar 26,5%, minat belajar
berkontribusi terhadap hasil belajar sebesar 39,0%, pemanfaatan sarana dan prasarana
TIK dan minat belajar berkontribusi secara bersama-sama terhadap hasil belajar sebesar
51,6%. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pemanfaatan sarana dan prasarana TIK
dan minat belajar merupakan faktor yang berkontribusi terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, pemanfaatan sarana dan prasarana TIK dan minat belajar.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 17 Nov 2025 06:53
Last Modified: 17 Nov 2025 09:31
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29292

Actions (login required)

View Item
View Item