Kurniawati, Annisa (2016) Pengaruh Penerapan LKPD Berbasis Pendekatan SAVI (Somatic Auditory Visual Intelegency) dalam Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Connected terhadap Pencapaian Kompetensi IPA Peserta Didik Kelas VIII SMPN 12 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
B1_05_ANNISA_KURNIAWATI_1201397_4192_2016.pdf
Download (434kB)
Abstract
Rendahnya pencapaian kompetensi IPA peserta didik disebabkan oleh
beberapa faktor, diantaranya proses pembelajaran masih terpusat pada pendidik
sehingga kurangya keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran dan
LKPD yang digunakan belum dapat memotivasi peserta didik untuk belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan LKPD berbasis
pendekatan SAVI (Somatic Auditory Visual Intelegency) dalam pembelajaran IPA
Terpadu tipe connected terhadap pencapaian kompetensi IPA peserta didik kelas
VIII SMPN 12 Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi
Experimental Research) dan rancangan penelitian yang digunakan adalah
Randomizes Control Group Only Design. Populasi dari penelitian ini adalah
seluruh peserta didik kelas VIII semester 2 di SMPN 12 Padang pada tahun ajaran
2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling.
Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-4 sebagai kelas kontrol dan VIII-7
sebagai kelas ekperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah
lembar observasi sikap untuk menilai kompetensi sikap, tes tulis untuk
kompetensi pengetahuan, dan rubrik penskoran untuk kompetensi keterampilan.
Teknik analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis tentang kesamaan dua
rata-rata dan uji regresi serta uji korelasi.
Hasil analisis data berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh
nilai rata-rata pada kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara
berturut-turut dari kelas eksperimen, yaitu: 81,50; 76,49; dan 79,48. Kelas kontrol,
yaitu: 72,15; 59,48; dan 74,28. Dari hasil uji kesamaan dua rata-rata pada
kompetensi sikap diperoleh thitung = 2,68 dan ttabel = 2,04; pada kompetensi
pengetahuan diperoleh thitung = 5,46 dan ttabel = 2,04; dan pada kompetensi
keterampilan diperoleh thitung = 2,19 dan ttabel = 2,00. Pada ketiga kompetensi
tersebut diperoleh thitung > ttabel, berarti thitung berada di luar daerah penerimaan Ho,
sehingga Hi diterima. Tingkat hubungan nilai LKPD dengan nilai kompetensi
pengetahuan adalah sedang, dan pengaruh LKPD sebesar 35,99%. Jadi,
kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh berarti penggunaan LKPD
berbasis pendekatan SAVI dalam pembelajaran IPA Terpadu tipe connected
terhadap pencapaian kompetensi IPA peserta didik kelas VIII SMPN 12 Padang
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Somatic Auditory Visual Intelegency |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
| Depositing User: | Melinda Febrianti S.IP |
| Date Deposited: | 17 Nov 2025 06:50 |
| Last Modified: | 17 Nov 2025 06:50 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29275 |
