Penerapan Metode Pembelajaran Koopertif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Memasang Peralatan Bantu Sistem Distribusi di SMK Negeri 1 padang.

Dedi, Dedi (2011) Penerapan Metode Pembelajaran Koopertif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Memasang Peralatan Bantu Sistem Distribusi di SMK Negeri 1 padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_DEDI_65450_3051_2011.pdf] Text
final_B1_DEDI_65450_3051_2011.pdf

Download (157kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalammata pelajaran Memasang Peralatan Bantu Sistem Distribusi (MPBSD) setelahmelakukan Pembelajaran dengan menggunakan metode kooperatif tipe STAD ( StudentTeams Achievement Divission ) siswa kelas XII jurusan listrik SMKN 1 Padang. Subjekpenelitian ini adalah siswa kelas XII TDTL B yang berjumlah 22 orang. Untukmengetahui hasil belajar siswa setelah melakukan metode pembelajaran kooperatif tipeSTAD digunakan soal tes objektif yang berupa pilihan ganda. Dan untuk mengujihipotesis digunakan uji tHasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil belajar siswa kelas eksperimendengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik daripadahasil belajar siswa kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran regular. Darihasil analisis data terlihat bahwa nilai rata-rata siswa kelas eksperimen yang diperolehadalah 82,13 dan simpangan baku 9,13, sedangkan nilai rata-rata siswa pada kelaskontrol 66,81 dan simpangan baku 14,1.Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t didapat nilai thitung = 2,18 dan nilaittabel =1,681 pada tingkat kepercayaan 95%. karena nilai- t hitung <- t tabel (2,18 > 1,68)maka Ho ditolak Artinya terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diberi pembelajarankooperatif tipe STAD dalam mata diklat memasang peralatan bantu sistem distribusidibandingkan dengan hasil belajar siswa kelas kontrol dalam mata diklat yang sama,tanpa diberikan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD. Dan peningkatan hasilbelajar siswa termasuk dalam kategori sedangBerdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa metode pembelajarankooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Guru dapatmenggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam proses pembelajaransebagai salah satu metode alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE, HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 14 Nov 2025 09:28
Last Modified: 14 Nov 2025 09:28
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29258

Actions (login required)

View Item
View Item