Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TI&K) di Kelas VII SMP Negeri 25 Padang.

Neldi, Dede Hastri (2011) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TI&K) di Kelas VII SMP Negeri 25 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_DEDE_HASTRI_NELDI_83092_2011.pdf] Text
final_B1_DEDE_HASTRI_NELDI_83092_2011.pdf

Download (5MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang penulis lakukan selama menjalaniPraktek Lapangan, guru cenderung lebih sering menggunakan model konvesionalyakni proses pembelajaran yang selalu menggunakan metode yang sama secaraterus menerus yang digunakan oleh guru dan setiap akhir mata pelajaran diselingidengan latihan, sehingga siswa lebih pasif dan mengakibatkan rendahnya hasilbelajar pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Untuk itu,perlu dicari model pembelajaran yang efektif untuk digunakan dalampembelajaran TI&K. Salah satu model pembelajaran yang digunakan adalahmodel Teams Games Tournaments (TGT), dimana model TGT ini melibatkanseluruh aktifitas siswa tanpa harus ada perbedaan status, melibatkan peran siswasebagai tutor sebaya (mengajar rekan satu tim) dan mengandung unsur permainandan reinforcement sehingga menumbuhkan tanggung jawab individu maupunkelompok. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari penggunaanmodel Teams Games Tournaments terhadap hasil belajar siswa pada pelajaranteknologi informasi dan komunikasi kelas VII di SMP N 25 Padang.Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang bersifat QuasyEksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 25Padang yang berjumlah 207 orang siswa yang terdiri dari 7 kelas dan teknikpengambilan sampelnya adalah Purposive Sampling, yaitu kelas VII.2 sebagaikelas eksperimen dan kelas VII.3 sebagai kelas kontrol, masing-masing berjumlah30 orang siswa. Teknik pengumpulan data adalah tes dan alat pengumpulan datayang digunakan adalah lembaran tes. Data yang diperoleh diolah dan dianalisisdengan uji perbedaan (t-test).Berdasarkan hasil analisis hasil belajar diketahui rata-rata hasil belajarsiswa kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 75,83 dari pada rata-rata hasil belajarsiswa kelas kontrol 70. Dari perhitungan uji perbedaan (t-tes) didapat thitung 2,81sedangkan ttabel 2,00 dengan demikian thitung > t tabel (2,81 > 2,00). Jadi dapatdisimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar siswayang menggunakan model Pembelajaran Kooperatif tipe Teams GamesTournaments (Kelas Eksperimen) dari kelas VII.2 SMP N 25 Padang di bandingkelas yang menggunakan model konvesional (Kelas Kontrol).

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF, HASIL BELAJAR, TEKNOLOGI INFORMASI
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 14 Nov 2025 09:22
Last Modified: 14 Nov 2025 09:22
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29223

Actions (login required)

View Item
View Item