Nofriadi, Debi (2010) Hubungan Kesiapan Belajar dengan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Sepeda Motor Siswa Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Sarolangun. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_DEBI_NOFRIADI_57589_4083_2011.pdf
Download (660kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di Sekolah bahwa terdapatnyakesenjangan perolehan nilai hasil belajar siswa, yaitu terdapatnya 36,99% dari 73siswa yang kesiapan belajarnya kurang memperoleh nilai baik. Selain itu, jugaterdapat 17,81% siswa yang kesiapan belajarnya baik, memperoleh hasil belajarkurang baik. Sedangkan menurut teori, siswa yang memiliki kesiapan belajar baikakan memperoleh hasil belajar yang baik juga, begitu juga sebaliknhya. Olehkarena itu, penelitian ini bertujuan mengungkapkan hubungan antara kesiapanbelajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMKNegeri 1 Sarolangun tahun ajaran 2011-2012. Jumlah populasi dalam penelitianini berjumlah 73 siswa, dimana dapat diambil sampel sebanyak 42 respondendengan teknik Proporsional Random Sampling dan rumus Taro Yamane untukmenentukan ukuran sampel dan sisanya digunakan untuk uji coba instrumen atauangket sebanyak 31 responden.Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah tidak terdapathubungan yang berarti antara kesiapan belajar dengan hasil belajarpada matapelajaran sepeda motor siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1Sarolangun. Hasil dari analisis data diperoleh bahwa kebiasaan belajar siswa kelasXI Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Sarolangun baik, akantetapikesiapan belajar tersebut masih perlu ditingkatkan lagi agar tercapainyaproses belajar dan hasil belajar.Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa kesiapanbelajar memiliki hubungan yang berarti dengan hasil belajar dan menjadi salahsatu faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar disamping faktor lain yangmemiliki peranan penting yang tidak bahas dalam penelitian ini. Berdasarkan hasilpengujian hipotesis yang diperoleh, yaitu besar thitung ≥ ttabel (2,229 ≥ 1,684) makadapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Ha adalah terdapathubungan yang berarti antara kesiapan belajar (X) dengan hasil belajar (Y) padaMata Pelajaran Sepeda Motor Teknik Kendaraan Ringan siswa kelas XI SMKNegeri 1 Sarolangun.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | KESIAPAN BELAJAR SISWA, HASIL BELAJAR, PELAJARAN SEPEDA MOTOR |
| Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1 |
| Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
| Date Deposited: | 14 Nov 2025 06:38 |
| Last Modified: | 14 Nov 2025 06:38 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29194 |
