hidayat, David (2011) Hubungan Minat Menjadi Guru dengan Hasil Belajar MKDK dan MMK Mahasiswa Jurusan Teknik Otomotif Angkatan 2007 Program Studi Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_DAVID_HIDAYAT_87870_4100_2011.pdf
Download (227kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari pengamatan dan observasi penulis saatmengikuti perkuliahan MKDK dan MMK. Masih adanya beberapa orangmahasiswa yang nilainya belum tuntas dalam perkuliahan MKDK dan MMK,tidak terlepas dari beberapa faktor yang mempengaruhinya. Minat menjadi guruyang tinggi akan menunjang semangat mahasiswa untuk mengikuti perkuliahandan juga akan berpengaruh kepada hasil belajar mahasiswa khususnya pada matakuliah MKDK dan MMK. Adapun hipotesis yang diajukan adalah sebagaiberikut: “ Terdapat Hubungan Antara Minat Menjadi Guru Dengan Hasil BelajarMKDK dan MMK Mahasiswa Jurusun Teknik Otomotif Angkatan 2007 ProgramStudi Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang”.Penelitian ini bersifat korelasional, tujuan penelitian adalah untukmengetahui ada tidaknya Hubungan Minat Menjadi Guru Dengan Hasil BelajarMKDK dan MMK Mahasiswa Jurusan Teknik Otomotif Angkatan 2007. Populasidalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa jurusan teknik otomotif angkatan2007 yang berjumlah 67 orang. Sampel dalam penelitian ini diambilkan daripopulasi sebanyak 41 orang yang ditentukan dengan menggunakan rumus TaroYamane. Data tentang minat menjadi guru diperoleh dari penyebaran angket,sedangkan data hasil belajar mata kuliah MKDK dan MMK diperoleh dari pusatkomputer (PUSKOM) UNP . Jenis analisis data yang digunakan dalam penelitianini adalah menggunakan rumus Korelasi Pearson Product Moment (PPM) danuntuk menguji keberartian koefisien korelasi r, dapat di uji dengan mengunakanuji t sehingga akan didapat apakah hasil penelitian dapat digeneralisasikan padapopulasi.Dari analisis data hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi r hitung > r tabel(0,3105> 0,308) dan untuk uji keberartian korelasi didapat t hitung > t tabel (2,146 >1,682) pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwaterdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat menjadi guru denganhasil belajar MKDK dan MMK mahasiswa jurusan teknik otomotif program studipendidikan teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | MINAT MENJADI GURU, HASIL BELAJAR |
| Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1 |
| Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
| Date Deposited: | 14 Nov 2025 06:34 |
| Last Modified: | 14 Nov 2025 06:34 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29168 |
