Penerapan Model Pembelajaran ROPES pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri I Koto XI Tarusan Tahun Pelajaran 2010/2011.

Aprizon, David (2011) Penerapan Model Pembelajaran ROPES pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri I Koto XI Tarusan Tahun Pelajaran 2010/2011. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_DAVID APRIZON_84086_2011.pdf] Text
final_B1_DAVID APRIZON_84086_2011.pdf

Download (216kB)

Abstract

Ide penelitian ini dimulai dari rendahnya hasil belajar matematika siswa diSMA Negeri I Koto XI Tarusan. Faktor penyebabnya adalah pembelajaran yangmasih terpusat pada guru, siswa tidak mau mengerjakan pekerjaan rumahnya denganbaik, siswa tidak mau tampil ke depan kelas untuk menyelesaikan contoh soal, siswayang mau menyelesaikan soal-soal yang diberikan oleh guru hanya siswa yang pandaisaja dan siswa tidak mau bertanya dan mengemukakan pendapat dalam belajar.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah aktivitas belajar danhasil belajar matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Koto XI Tarusan selamapenerapan model pembelajaran ROPES? Pertanyaan Penelitian adalah: bagaimanaaktivitas belajar matematika yang terjadi pada siswa selama penerapan modelpembelajaran ROPES pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Koto XI Tarusan?Hipotesis penelitian ini adalah Hasil belajar matematika siswa dengan penerapanmodel pembelajaran ROPES lebih tinggi dari hasil belajar matematika siswa denganmenerapkan pembelajaran konvensional dikelas XI IPA SMA Negeri 1 Koto XITarusan tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakahaktivitas belajar dan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan modelpembelajaran ROPES lebih tinggi dari pembelajaran konvensional.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan aktivitas hasil belajarrancangan penelitian Randomized Control-grup Only Design. Populasi penelitian iniadalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Koto XI Tarusan. Terpilih Kelas XI IPA 6(eksperimen) dan kelas XI IPA 3 (kontrol). Sampel penelitian dipilih secara acak.Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan tes hasil belajar. Pengujianhipotesis digunakan uji-t satu pihak dengan bantuan software MINITAB.Penghitungan P-Value < α, maka hipotesis yang diajukan diterima pada tarafkepercayaan 95%.Hasil penelitian menunjukkan terdapatnya peningkatan aktivitas belajar siswa.Grafik persentase aktivitas mengalami peningkatan pada beberapa indikatorpengamatan. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 79.139 dengan simpangan baku12.159, dan kelas kontrol 70.278 dengan simpangan baku 9.592. Analisis dilakukandengan bantuan sofware Minitab. Hasil perhitungan diperoleh P-Value = 0,000 lebihkecil dari α = 0,05. Kesimpulan bahwa hasil belajar matematika siswa yangmenerapkan model pembelajaran ROPES lebih baik dari pada hasil belajarmatematika siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional di kelas XI IPASMA Negeri 1 Koto XI Tarusan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN, PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 14 Nov 2025 06:34
Last Modified: 14 Nov 2025 06:34
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29164

Actions (login required)

View Item
View Item