Meningkatkan Hasil Belajar Bermain Gitar Siswa melalui Model Pembelajaran Strategi Think Pair And Share di SMP Negeri 1 Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman.

Darusli, Darusli (2011) Meningkatkan Hasil Belajar Bermain Gitar Siswa melalui Model Pembelajaran Strategi Think Pair And Share di SMP Negeri 1 Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_DARUSLI_52726_5409_2011.pdf] Text
final_B1_DARUSLI_52726_5409_2011.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada matapelajaran Seni Budaya ( Seni Musik ) dengan model pembelajaran Strategi ThinkPair And Share (TPS) pada siswa kelas VII.2 SMP N 1 Lubuk SikapingKabupaten Pasaman. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK),dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VII.2 yang berjumlah sebanyak 24orang siswa dan terdiri dari 10 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Datapenelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi yangdigunakan untuk melihat perubahan aktivitas belajar siswa pada siklus I, dan II.Untuk hasil belajar menggunakan tes unjuk kerja. Data yang diperoleh dianalisismenggunakan analisis persentase.Hasil penelitian menunjukkan peningkatan persentase hasil belajar siswasangat memuaskan. Hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 adalah 9 siswatuntas (37.50 %). 15 siswa tidak tuntas (62.50 %). Jumlah nilai 1655 dengan nilairata-rata 68,96. Hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan 2 adalah 17 siswatuntas (70,83 %). 7 siswa tidak tuntas (29,16 %). Jumlah nilai 1765. Dengan nilairata-rata 73,54. Ini menunjukkan peningkatan 4,58 %. Hasil belajar siswa padasiklus II pertemuan 1 adalah 19 siswa tuntas (79,17 %). 5 siswa tidak tuntas(20,83 %). Jumlah nilai 1805. Dengan nilai rata-rata 75,21. Ini menunjukkanpeningkatan 1,67 %. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus II pertemuan 2adalah 24 siswa memperoleh nilai tuntas (100 %). jumlah nilai 1930. Dengan nilairata-rata 80,42. Ini juga menunujukkan peningkatan 5,21 %. Hal ini dikarenakandalam pelaksanaan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran StrategiThink Pair And Share (TPS), menuntut siswa untuk lebih aktif dalam prosespembelajaran. Oleh karena itu, disarankan kepada guru agar dalam pelaksanaanpembelajaran menggunakan model pembelajaran Strategi Think Pair And Share(TPS) karena dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sehinggamenumbuhkan sikap yang komunikatif antar guru dengan siswa, siswa dengansiswa untuk dapat meningkatkan keaktifan siswa sehingga penggunaan modelpembelajaran Strategi Think Pair And Share (TPS) terlaksana dengan baik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, BERMAIN GITAR, MODEL PEMBELAJARAN STRATEGI
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
M Music and Books on Music > ML Literature of music
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 14 Nov 2025 06:32
Last Modified: 14 Nov 2025 06:32
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29150

Actions (login required)

View Item
View Item