Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Metode Eksperimen pada Siswa Kelas VI SD Negeri 15 Padang Sarai.

Darneli, Darneli (2011) Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Metode Eksperimen pada Siswa Kelas VI SD Negeri 15 Padang Sarai. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_DARNELI_09558_2011.pdf] Text
final_B1_DARNELI_09558_2011.pdf

Download (339kB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA siswa kelasVI SD negeri 15 Padang Sarai. Hal ini disebabkan siswa tidak dilibatkan secaralangsung dalam menemukan konsep pembelajaran IPA. Untuk memperbaiki hasilpembelajaran IPA khususnya pembelajaran tentang perpindahan dan perubahanenergi listrik maka tujuan penelitian ini adalah untuk peningkatan hasil belajar IPAdengan menggunakan metode eksperimen pada siswa kelas VI SD negeri 15 PadangSarai.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research) denganmenggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian berupa informasitentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, danhasil tes. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VI SD Negeri 15 PadangSarai. Penlitian ini dilaksanakan dalam dua siklus masing-masing siklus terdiri daridua kali pertemuan. Prosedur penelitian dilakukan melalui 4 tahap yaitu : 1)perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, 4) refleksi.Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar aspek kognitif pada siklus Iadalah 73 % berada pada kriteria baik meningkat menjadi 82 % berada pada kriteriasangat baik pada siklus II. Aspek afektif pada siklus I adalah 66 % berada padakrteria baik meningkat menjadi 88 % berada pada kriteria sangat baik pada siklus II.Aspek psikomotor pada siklus I adalah 74 % berada pada kriteria baik meningkatmenjadi 88 % berada pada kriteria sangat baik pada siklus II. Dengan demikian dapatdisimpulkan bahwa metode eksperimen dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkanhasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 15 Padang Sarai.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR IPA, METODE EKSPERIMEN
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 14 Nov 2025 06:31
Last Modified: 14 Nov 2025 06:31
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29144

Actions (login required)

View Item
View Item