Usman, Maharani Aulia (2016) Perbedaan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Teknik Copy the Master dan Teknik Picture and Picture Berbasis Model Discovery Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Batusangkar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_MAHARANI_AULIA_USMAN_1200896_4105_2016.pdf [thumbnail of B1_01_MAHARANI_AULIA_USMAN_1200896_4105_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_MAHARANI_AULIA_USMAN_1200896_4105_2016.pdf
Download (3MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan
keterampilan menulis teks eksplanasi dengan menggunakan teknik copy the master
berbasis model discovery siswa kelas VII SMP Negeri 2 Batusangkar. Kedua,
mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksplanasi dengan menggunakan teknik
picture and picture berbasis model discovery siswa kelas VII SMP Negeri 2
Batusangkar. Ketiga, menganalisis perbedaan keterampilan menulis teks eksplanasi
dengan menggunakan teknik copy the master dan teknik picture and picture berbasis
model discovery siswa kelas VII SMP Negeri 2 Batusangkar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen.
Desain penelitian ini adalah two group pretest-posttest design. Populasi dalam
penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Batusangkar yang terdaftar pada
ahun pelajaran 2015-2016. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan
menggunakan teknik purposive sampling. Variabel penelitian ini adalah keterampilan
menulis teks eksplanasi dengan menggunakan teknik copy the master berbasis model
discovery dan keterampilan menulis teks eksplanasi dengan menggunakan teknik
picture and picture berbasis model discovery. Data penelitian ini adalah skor hasil tes
keterampilan menulis teks eksplanasi dengan menggunakan teknik copy the master
dan teknik picture and picture berbasis model discovery siswa kelas VII SMP Negeri
2 Batusangkar.
Hasil penelitian ini terdiri atas tiga hal sebagai berikut. Pertama, keterampilan
menulis teks eksplanasi dengan menggunakan teknik copy the master berbasis model
discovery siswa kelas VII SMP Negeri 2 Batusangkar berada pada kualifikasi Baik
(B) dengan rata-rata hitung 80,74. Kedua, keterampilan menulis teks eksplanasi
dengan menggunakan teknik picture and picture berbasis model discovery siswa
kelas VII SMP Negeri 2 Batusangkar berada pada kualifikasi Baik (B) dengan ratarata
hitung 77,98. Ketiga, berdasarkan hasil uji-t, hipotesis alternatif (H
) diterima
pada taraf kepercayaan 95% dan derajat kebebasan (dk) = (n
1
+n
2
1
)-2 karena t
>
tabel
(5,98 > 1,67).
Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa keterampilan menulis teks
eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Batusangkar dengan menggunakan teknik
copy the master berbasis model discovery lebih baik dibandingkan dengan
menggunakan teknik picture and picture berbasis model discovery. Perbedaan
ersebut terlihat signifikan berdasarkan uji-t, t
hitung
> t
yaitu 5,98 > 1,67. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan keterampilan
menulis teks eksplanasi dengan menggunakan teknik copy the master dan teknik
picture and picture berbasis model discovery siswa kelas VII SMP Negeri 2
Batusangkar.
tabel
hitung
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Menulis Teks Eksplanasi, Teknik Copy the Master, Teknik Picture and Picture Berbasis Model Discovery |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
Depositing User: | Wiwi Sartika S.Sos |
Date Deposited: | 01 Mar 2025 03:32 |
Last Modified: | 01 Mar 2025 03:32 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/2912 |