Dina, Rusy (2016) Analisis Preferensi Masyarakat Terhadap Bus Trans Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_08_RUSY_DINA_1103386_2016.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh: (1) Penerimaan responden terhadap preferensi masyarakat akan Bus Trans Padang. (2) Kualitas layanan Trans Padang terhadap preferensi masyarakat akan Bus Trans Padang. (3) Kepemilikan kendaraan pribadi roda dua terhadap preferensi masyarakat akan Bus Trans Padang. (4) Tarif Trans Padang terhadap preferensi masyarakat akan Bus Trans Padang. (5) secara bersama-sama penerimaan responden, kualitas layanan, kepemilikan kendaraan pribadi roda dua dan tarif terhadap preferensi masyarakat akan Bus Trans Padang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Data dalam penelitian ini adalah data primer yang diambil pada bulan Agustus 2015. Teknik pengumpulan data adalah dengan penyebaran kuesioner dan observasi langsung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna jasa transportasi Trans Padang, dengan pengambilan sampel sebanyak 100 orang responden. Adapun analisis induktif dalam penelitian ini mencakup (1) Analisis regresi linear berganda; (2) Uji multikolinearitas; (3) Uji heterokedastisitas; (4) Koefisien determinasi; (5) Uji t; dan (5) Uji F.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Secara parsial penerimaan responden tidak berpengaruh signifikan terhadap preferensi masyarakat akan Bus Trans Padang dengan nilai t hitung < t (1,822 < 1,985) dan nilai sig (0,072 > α=0,05). (2) Secara parsial kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap preferensi masyarakat akan Bus Trans Padang dengan nilai t tabel hitung > t (4,758 > 1,985) dan nilai sig (0,000 < α=0,05). (3) Secara parsial kepemilikan kendaraan pribadi roda dua tidak berpengaruh siginifikan terhadap preferensi masyarakat akan Bus Trans Padang dengan nilai t hitung > t tabel tabel (-0,215 > -1,985) dan nilai sig (0,831 > α=0,05). (4) Secara parsial tarif Trans Padang berpengaruh signifikan terhadap preferensi masyarakat akan Bus Trans Padang dengan nilai t hitung < t (-2,194 < -1,985) dan nilai sig (0,031 < α=0,05). (5) Secara bersama-sama kontribusi variabel bebas terhadap variabel terikat adalah sebesar 23,2% dengan nilai F tabel hitung > F (7,155 > 2,467).
Berdasarkan hasil penelitian ini, maka diharapkan kepada pemerintah agar table meningkatkan kualitas layanan Trans Padang seperti, menjaga lingkungan halte dan bus, serta meningkatkan pelayanan dari petugas Bus Trans Padang. Pemerintah diharapkan dapat menjaga kestabilan tarif Trans Padang, agar masyarakat lebih memilih menggunakan transportasi publik daripada menggunakan kendaraaan pribadi.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Bus Trans Padang Preferensi Masyarakat |
| Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HC Economic History and Conditions H Social Sciences > HE Transportation and Communications H Social Sciences > HF Commerce |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan-S1 |
| Depositing User: | Melinda Febrianti S.IP |
| Date Deposited: | 14 Nov 2025 04:11 |
| Last Modified: | 14 Nov 2025 04:11 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29100 |
