Yuliarti, Yuliarti (2011) Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Metode Survey Question Read Recite Review (SQ3R)Di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri No.11 Pauh Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_YULIARTI_90486_2011.pdf
Download (248kB)
Abstract
Penelitian ini berangkat dari permasalahan yang ada di kelas yakni siswa kesulitan dalam memahami isi teks bacaan, menentukan kalimat utama dari bacaan, menemukan ide pokok dari bacaan, membuat ringkasan serta menjawab pertanyaan dari teks bacaan yang dibaca di kalas IV Sekolah Dasar Negeri 11 Pauh. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran membaca yang diselenggaran guru hanya menyuruh siswa langsung membaca teks bacaan tanpa menerapkan tahap- tahap yang benar dalam membaca. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa di Sekolah Dasar. Pelaksanaan pembelajaran dengan mengggunakan metode Survey Question Read Recite Review (SQ3R) dilakukan dalam tiga tahap yaitu prabaca, saatbaca, dan pascabaca. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang menjadi subjek dalam penelitan siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 11 Pauh kota Padang. Data penelitian deperoleh dengan menggunakan pengamatan, catatan lapangan, observasi, dan evaluasi atau tes. Hasil penelitian dari setiap siklus yang dilakukan dalam penelitian ini terlihat meningkat. Kemampuan membaca literal siswa dari evaluasi tindakan siklus I nilai rata-rata 65,3. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata 80,6. maka dapat disimpulkan dengan menggunakan metode Survey Question Read Recite Review (SQ3R) dapat meningkatkan kemampuan membaca bagi siswa
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | MEMBACA PEMAHAMAN, SURVEY QUESTION READ RECITE REVIEW (SQ3R) |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
| Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
| Date Deposited: | 14 Nov 2025 04:10 |
| Last Modified: | 14 Nov 2025 04:10 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29088 |
