Yuliarnini, Yuliarnini (2011) Peningkatan Hasil Pembelajaran IPS melalui Metode Inkuiri di kelas IV SD Negeri 44 Sungai Lareh Kecamatan Koto Tangah Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_YULIAR_NINI_09545_2010.pdf
Download (176kB)
Abstract
Berdasarkan hasil pengamatan dan data rekapitulasi nilai kelas IV SD Negeri 44 Sungai Lareh pada akhir semester I tahun 2009 dan 2010, nilai rata-rata mata pelajaran IPS tidak mencukupi nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yakni 6,5 untuk mata pelajaran IPS kelas IV. Maka dilakukan penelitian untuk meningkatkan pembelajaran serta hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana peningkatan hasil pembelajaran IPS melalui metode Inkuiri di kelas IV SD Negeri 44 Sungai Lareh Kecamatan Koto Tangah Padang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pendekatan kualitatif digunakan karena pendekatan ini merupakan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis ataupun lisan, sedangkan pendekatan kuantitatif digunakan karena peneliti perlu untuk pengolahan data, data yang diperoleh berupa angka-angka sebagai lambang dari peristiwa untuk mengukur hasil belajar peserta didik. Subjek penelitian adalah Peneliti dan siswa di kelas IV SD Negeri 44 Sungai Lareh Kecamatan Koto Tangah Padang. Data penelitian ini diperoleh berupa hasil pengamatan, hasil tes, dan refleksi diri yang peneliti lakukan dari setiap tindakan perbaikan melalui metode inkuiri. Hasil penelitian dari setiap siklus yang dilakukan terlihat dari peningkatan hasil belajar siswa. Pada tes siklus I rata-rata hasil belajar siswa 7,3. Selanjutnya pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa mencapai 9,5. Peneliti mengambil kesimpulan peningkatan hasil pembelajaran IPS melalui Metode Inkuiri di kelas IV SD Negeri 44 Sungai Lareh Kecamatan Koto Tangah Padang telah berhasil peneliti lakukan.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR SISWA, PEMBELAJARAN IPS, METODE INKUIRI |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
| Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 04:17 |
| Last Modified: | 13 Nov 2025 04:18 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29073 |
