Zulhafni, Zulhafni (2008) Peningkatan Aktifitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pemberian Tugas Secara Kelompok Pada Mata Pelajaran Akuntansi di SMA Negeri I Ampek Angkek Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_ZULHAFNI 80361-06-08.pdf
Download (108kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Mengungkapkan perubahan aktivitas
belajar akuntansi melalui proses pemberian tugas secara kelompok agar hasil
belajar dapat meningkat, 2) Mengungkapkan peningkatan hasil belajar siswa
melalui pemberian tugas secara kelompok. Penelitian yang dilaksanakan ini
tergolong penelitian tindakan kelas, yaitu suatu bentuk penelitian yang bersifat
reflektif dengan melakukan tindakan-tindakan tertentu agar dapat memperbaiki
atau meningkatkan praktek pembelajaran di kelas secara lebih professional yang
dilakukan 3 siklus.
Subjek penelitian adalah siswa kelas XII IS 4 SMAN I Ampek Angkek
Kabupaten Agam yang mengikuti pelajaran akuntansi tahun ajaran 2007/2008
pada semester II yang berjumlah 39 orang, kelas ini penulis pilih, karena tingkat
kemampuan siswa secara klasikal masih rendah dibandingkan dengan kelas yang
lainnya. Data tentang aktivitas siswa pada proses pembelajaran dari setiap kali
pertemuan diinterprestasikan untuk dapat menarik kesimpulan dari hasil penelitian
ini yang diperlukan dalam menjawab masalah penelitian. Data tentang aktivitas
siswa diinterprestasikan dengan menggunakan teknik analisa data perhitungan
persentase aktivitas.
Hasil penelitian ini adalah 1) Pembelajaran Akuntansi dengan menggunakan
metode pemberian tugas secara kelompok memperlihatkan peningkatan aktifitas
positif siswa dan penurunan aktivitas negatif siswa, yaitu terjadinya peningkatan
melaksanakan diskusi kelompok dalam menyelesaikan tugas rata-rata dari 33,3%
menjadi 51,3% dan menjadi 79,5%, kerjasama siswa dengan teman sesama
kelompok dari 38,5% menjadi 59% dan menjadi 82,1%, aktif dalam
menyelesaikan tugas sungguh-sungguh dari 56,4% naik menjadi 76,9% dan naik
menjadi 97,4%.Dari aktivitas negatif siswa ditandai dengan siswa minta izin
keluar dari 20,55%. menjadi 10,3% dan turun menjadi 2,6%.Aktivitas
mengganggu kelompok lain dari 12,8% turun menjadi 5,1% dan turun lagi
menjadi 2,6%. Aktivitas siswa diam dalam kelompok dari 17,9% turun 12,8% dan
turun lagi 5,1%. Siswa tidak menyelesaikan tugas dari 43,6% turun menjadi
23,1% dan turun 2,6% 2) Dengan penggunaan metode pemberian tugas secara
kelompok dalam pelajaran Akuntansi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar siswa SMA Negeri 1 Ampek Angkek Kabupaten Agam kelas XII Ilmu
Sosial 4 terlihat bahwa secara klasikal siswa telah mencapai tingkat ketuntasan
dalam belajar sebesar 89,74% dan secara individu pada umumnya siswa telah
mencapai tingkat ketuntasan.
Saran yang penulis sampaikan pada penelitian ini adalah 1) Guru sebaiknya
dalam proses pembelajaran di kelas XII IS 4 SMA N 1 Ampek Angkek
Kabupaten Agam mampu menggunakan model pembelajaran pemberian tugas
i
secara kelompok dan khususnya pada pelajaran Akuntansi yang relevan dengan
tujuan dan materi pelajaran, 2) Disarankan kepada para guru untuk dapat
memeriksa tugas siswa, dan memberikan motivasi kepada siswa yang memiliki
motivasi rendah, 3) Kepala sekolah dapat lebih memperhatikan cara guru
menggunakan model pembelajaran pemberian tugas secara kelompok dalam
pelajaran Akuntansi., 4) Pada peneliti selanjutnya, untuk dapat melakukan
penelitian ini lebih lanjut, agar memperoleh hasil yang maksimal. Misalnya
menghubungkan variabel pemberian tugas secara kelompok dengan memotivasi
siswa dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1 |
| Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 04:17 |
| Last Modified: | 13 Nov 2025 04:17 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29063 |
