Pengembangan Buku Elektronik Interaktif Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Untuk Siswa SMK

Fajri, Noer (2021) Pengembangan Buku Elektronik Interaktif Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Untuk Siswa SMK. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_NOER_FAJRI_1302331_635_2021.pdf] Text
B1_05_NOER_FAJRI_1302331_635_2021.pdf

Download (4MB)

Abstract

Buku Sekolah Elektronik (BSE) merupakan salah satu buku ajar yang
banyak digunakan oleh guru dalam pembelajaran di kelas. BSE merupakan
inisiatif Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) yang bertujuan
untuk menyediakan buku ajar dari berbagai mata pelajaran mulai dari tingkat
dasar hingga tingkat lanjut dalam bentuk digital dan dapat dicetak. Kenyataannya,
BSE disekolah hanya dimiliki oleh guru sedangkan siswa hanya mendengarkan
pelajaran tanpa adanya bahan ajar yang menjadi pegangan, BSE juga hanya
digunakan sebagai acuan dalam membuat slide powerpoint untuk mengajar.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan buku elektronik interaktif
pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika yang valid dan praktis untuk
meningkatkan kompetensi siswa di SMK.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research and
Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D (define, design, develop
dan disseminate). Subjek penelitian ini adalah berupa buku elektronik interaktif
pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika menggunakan software
Android yang dikembangkan terbatas pada kompetensi dasar menganalisis daya
dan energi listrik. Responden penelitian ini adalah dua orang dosen jurusan
Teknik Elektro FT-UNP, dan siswa kelas X TITL SMK. Pengumpulan data
penelitian ini menggunakan lembar angket validasi yang diberikan kepada dua
dosen sebagai validator. Angket praktikalitas diberikan kepada siswa kelas X
TITL SMK sebagai pengguna buku elektronik interaktif dasar listrik dan
elektronika.
Berdasarkan hasil validasi dari validator, buku elektronik interaktif yang
dikembangkan di dapat hasil dengan kategori valid. Hasil praktikalitas buku
elektronik interaktif dari 35 siswa di dapat dengan kategori sangat praktis.
Demikian penelitian ini telah menghasilkan buku elektronik interaktif pada mata
pelajaran dasar listrik dan elektronika yang valid, dan praktis untuk siswa SMK.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1
Depositing User: Mulida Djamarin S.Sos
Date Deposited: 13 Nov 2025 04:16
Last Modified: 13 Nov 2025 04:16
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29055

Actions (login required)

View Item
View Item