Daliana, Daliana (2011) Peningkatan Hasil Belajar Pengukuran Waktu dan Panjang dengan Metode Problem Solving di Kelas IV SD Negeri 17 Padang Selatan Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_DALIANA_90223_5846_2011.pdf
Download (326kB)
Abstract
Pembelajaran pengukuran pada siswa kelas IV SD Negeri 17 PadangSelatan masih bersifat kkonvensional. Pembelajaran masih berpusat kepada guru,sehingga membosankan bagi siswa. Untuk itu peneliti tertarik untuk memperbaikiproses pembelajaran matematika khususnya pembelajaran pengukuran waktu danpanjang dengan metode problem solving. Metode problem solving dirasakanmampu mengatasi persoalan yang ada. Pada peningkatan hasil belajar pengukuranwaktu dan panjang dengan metode problem solving terdapat 4 langkah yaitu:memahami masalah, menyusun rencana pemecahan masalah, melaksanakanrencana dan meninjau ulang.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Dibidang pendidikandan pengajaran matematika dengan menggunakan pendekatan kualitatif dankuantitatif. Data penelitian berupa informasi tentang proses dan data hasiltindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil tes dan diskusi. Sumber dataadalah proses pelaksanaan pembelajaran pengukuran waktu dan panjang denganmenggunakan metode problem solving. Subjek peneliti terdiri dari siswa kelas IVSD negeri17 Padang Selatan yang berjumlah 25 orang. Analisis data dilakukandengan menggunakan model analisis data . prosedur penelitian diolakukan melalui4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan metode problem solvingdiperoleh hasil belajar siswa pada aspek kognitif mengalami peningkatan sebesar15,4% yaitu dari hasil siklus I 59,8% meningkat pada siklus II sebesar 75,20%.Dan pada aspek afektif hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar24,04% dengan hasil pada siklus I sebesar 54,64% meningkat pada siklus II78,68%. Sedangkan pada aspek psikomotor tidak digabung dengan aspek kognitifdan afektif karena penilaian aspek psikomotor melalui kelompok buka individu.Hasil yang diperoleh pada siklus I adalah sebesar55% dan meningkat pada siklusII sebesar 79,26% dan mengalami peninglkatan sebesar 24,26%.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR, METODE PROBLEM SOLVING |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
| Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 04:16 |
| Last Modified: | 13 Nov 2025 04:16 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29054 |
