Penggunaan Model Pendekatan Cooperative Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di Kelas V SDN 08 Pulau Air Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang

Dahliwarti, Dahliwarti (2011) Penggunaan Model Pendekatan Cooperative Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di Kelas V SDN 08 Pulau Air Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_DAHLIWARTI_09586_250_2011.pdf] Text
final_B1_DAHLIWARTI_09586_250_2011.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengalaman peneliti mengajar di kelasV SD Negeri 08 Pulau Air Kecamatan Lubuk Begalung, pembelajaran PKn masihdidominasi oleh penggunaan model pembelajaran konvensional yaitu ceramah dankegiatannya lebih berpusat pada guru, sehingga siswa kurang semangat dalambelajar. Siswa kurang terlibat aktif dalam pembelajaran, sehingga materi yangdisampaikan kurang melekat pada siswa. Selain itu guru lebih sering memberikantugas, hal ini menyebabkan siswa kesulitan di mana materi yang dipelajari belumselesai tetapi tugas sudah diberikan dan pembelajaran yang demikian akanmempengaruhi hasil belajar siswa tidak sesuai dengan yang diharapkan. Diantaraberbagai model pembelajaran yang ada peneliti tertarik untuk memperbaikidengan menerapkan model pendekatan cooperative tipe jigsaw.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatankualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkahpenelitian tindakan kelas yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan danrefleksi. Data penilaian berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakanyang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil tes, dan diskusi. Sumber data adalahproses pembelajaran Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN 08Pulau Air Kecamatan Lubuk Begalung dengan jumlah siswa 30 orang yang terdiridari 17 perempuan dan 13 laki-laki.Hasil penelitian yang diperoleh adalah pada siklus I kualifikasi keaktifansiswa dalam pembelajaran PKn dengan metode kooperatif tipe Jigsaw adalahkurang kemudian pada siklus II meningkat menjadi berkualifikasi sangat baik.Rata-rata kelas hasil belajar siswa pada siklus I adalah 68.33 dan pada siklus IImeningkat menjadi 79,5. Dengan demikian terbukti bahwa penggunaan modelpendekatan cooperative tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar pendidikankewarganegaraan (PKn) di kelas V SDN 08 pulau air Kecamatan Lubuk BegalungKota Padang

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODEL PENDEKATAN KOOPERATIF, HASIL BELAJAR, PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 13 Nov 2025 04:15
Last Modified: 13 Nov 2025 04:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29042

Actions (login required)

View Item
View Item