Agustin, Dahlia (2011) Pengaruh Kepuasan atas Kualitas Pelayanan dan Citra terhadap Loyalitas Pasien Rumah Sakit Islam Siti Rahmah Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_DAHLIA_AGUSTIN_73890_1917_2011.pdf
Download (317kB)
Abstract
Rumah Sakit Islam Siti Rahmah Padang merupakan salah satu rumahsakit swasta yang ada di kota Padang. Agar pasien dapat loyal terhadap rumahsakit ini dan mampu bersaing dengan para pesaingnya, maka Rumah Sakit IslamSiti Rahmah Padang harus mampu menciptakan kepuasan pelayanan bagi pasiendan memberikan citra yang baik dimata para pasien. Oleh karena itu perlu dikajisejauh mana kepuasan atas kualitas pelayanan dan citra berpengaruh terhadaployalitas pasien pada Rumah Sakit Islam Siti Rahmah Padang.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) sejauhmana kepuasan ataskualitas pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas pasien Rumah Sakit Islam SitiRahmah Padang, (2) pengaruh kepuasan atas kualitas pelayanan melalui citraterhadap loyalitas pasien Rumah Sakit Islam Siti Rahmah Padang, (3) pengaruhcitra rumah sakit terhadap loyalitas pasien Rumah Sakit Islam Siti RahmahPadang.Penelitian yang dilakukan ini merupakan penelitian kausatif yangmenjelaskan dan menggambarkan tentang hubungan sebab akibat antara kepuasanatas kualitas pelayanan dan citra terhadap loyalitas pasien Rumah Sakit Islam SitiRahmah Padang, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien rawat inapyang pernah dan sedang berobat ke Rumah Sakit Islam Siti Rahmah Padang.Sampel diambil dengan menggunakan Proportionate Stratified Random Sampling.Pengujian instrument dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisisdata menggunakan analisis jalurHasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kepuasan atas kualitaspelayanan berpengaruh signifikan terhadap citra Rumah Sakit Islam Siti RahmahPadang, (2) kepuasan atas kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadaployalitas pasien Rumah Sakit Islam Siti Rahmah Padang, (3) citra berpengaruhsignifikan terhadap loyalitas pasien Rumah Sakit Islam Siti Rahmah Padang.Dari analisis variabel Kepuasan atas kualitas pelayanan, citra dan loyalitas,variabel kepuasan atas kualitas pelayanan memberikan pengaruh langsungterhadap loyalitas pasien Rumah Sakit Islam Siti Rahmah Padang yakni sebesar23,72%, sedangkan pengaruh tidak langsung antara variabel kepuasan ataskualitas pelayanan terhadap loyalitas melalui citra yakni sebesar 3,74%.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | KUALITAS PELAYANAN, KEPUASAN PASIEN |
| Subjects: | Hospitality Hospitality > Hoaspitality Management |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen-S1 |
| Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 04:15 |
| Last Modified: | 13 Nov 2025 04:15 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29037 |
