Dachyarlis, Dachyarlis (2011) Kontribusi Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada Pembelajaran TIK di SMPN 1 Hiliran Gumanti, Kab.Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_DACHYARLIS_88381_2011.pdf
Download (249kB)
Abstract
Motivasi merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi belajar dan Hasilbelajar. Seseorang yang memiliki motivasi mempunyai kecenderungan untuk mencurahkansegala kemampuannya untuk mendapatkan hasil belajar yang optimal sesuai dengan tujuanyang diharapkan. Semakin tinggi motivasi yang dimiliki siswa akan mendorong siswa untukbelajar lebih giat lagi dan frekuensi belajarnya menjadi semakin meningkat, sehingga hasilbelajarnya pun meningkat. Akan tetapi, kuat dan lemahnya motivasi setiap orang berbeda,hal itu dipengaruhi oleh factor cita-cita atau aspirasi, kemampuan belajar, kondisisiswa,kondisi lingkungans iswa, unsur-unsur dinamis dalam belajar dan upaya guru dalammembelajarkan siswa. Namun, kebenaran argument ini perlu dibuktikan melalui kegiatanpenelitian agar diperoleh jawaban yang akurat. Permasalahan yang dikaji dalam penelitianini adalah: Ada tidaknya kontribusi motivasi berpestasi terhadap hasil belajar siswa danseberapa besar kontribusi motivasi berprestasi terhadap hasil belajar siswa. Penelitian inibertujuan untuk mengetahui ada tidaknya Kontribusi Motivasi Berprestasi Terhadap HasilBelajar Siswa Kelas VIII Pada Pembelajaran TIK di SMPN 1 Hiliran Gumanti dan untukmengetahui seberapa besar Kontribusi Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar SiswaKelas VIII Pada Pembelajaran TIK di SMPN 1 Hiliran Gumanti.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Hiliran Gumanti Tahunajaran 2010/2011 sebanyak 89 orang siswa. Ada 2 (dua) variabel yang dikaji dalampenelitian ini, yaitu motivasi berprestasi sebagai variable bebas denganin dikator keinginanuntuk berbuat lebih baik dari orang lain, Memiliki daya juang untuk mengatasi rintangan,Berorentasi jauh kemasa depan, dan Suka tantangan. Kemudian Hasil Belajar sebagaivariable terikat dengan indicator Pengetahuan, Keterampilan, Sikap. Metode pengumpulandata yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket (kuesioner), dokumentasi danobservasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik analisis korelasi dan analisisinferensial.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada kontribusi motivasi berprestasi terhadaphasil belajar siswa yang ditunjukkan dari uji korelasi dimana pada hasil uji korelasimenghasilkan bahwa nilai t hitung lebih besar dari t table yaitu = 12,02>1.66 artinyahipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya yang menyatakan bahwa motivasi berprestasisiswa berkontribusi terhadap hasil belajar diterima. Sementara itu signifikan kontribusivariable motivasi berprestasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK KelasVIII di SMPN I Hiliran Gumanti menunjukkan nilai sebesar 62.41% dengan kata lain masih
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | MOTIVASI BERPRESTASI, HASIL BELAJAR, PEMBELAJARAN TIK |
| Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
| Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
| Date Deposited: | 12 Nov 2025 08:48 |
| Last Modified: | 12 Nov 2025 08:48 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29009 |
