Yaswardi, Zulfahmi (2010) Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image Terhadap Minat Beli Handphone Sony Ericsson Kelas Middle-End pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_ZULFAHMI_YASWARDI_67803_113_2010.pdf
Download (295kB)
Abstract
Sony Ericsson adalah perusahaan patungan yang didirikan pada tanggal 1
Oktober 2001 oleh perusahaan elektronik konsumen Jepang Sony Corporation dan
perusahaan telekomunikasi Swedia Ericsson untuk membuat ponsel. Sony
Ericsson, adalah usaha patungan 50:50 dari Sony Corporation dan
Telefonaktiebolaget LM Ericsson. Agar produk handphone Sony Ericsson dapat
bersaing dipasar ponsel, maka Sony Ericsson harus mampu menciptakan produk
yang memenuhi standar kualitas produsen dan konsumen. Selain itu brand Image
yang tercipta tentang merek produk dapat mempengaruhi minat beli konsumen.
Oleh karena itu perlu dikaji sejauh mana kualitas dan brand image mempengaruhi
minat beli konsumen terhadap handphone Sony Ericsson kelas middle-end pada
mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa (1) sejauh mana kualitas
produk mempengaruhi minat beli konsumen terhadap handphone Sony Ericsson
kelas middle-end pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang,
(2) sejauh mana brand Image mempengaruhi minat beli konsumen terhadap
handphone Sony Ericsson kelas middle-end pada mahasiswa Fakultas Ekonomi
Universitas Negeri Padang.
Penelitian yang dilakukan ini merupakan penelitian deskriptif yang
bertujuan untuk menguji hipotesis akibat dari fenomena masalah yang diteliti dan
melihat seberapa jauh pengaruh variable kualitas dan variable brand Image
mempengaruhi minat beli konsumen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh
Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang yang telah pernah
mencoba menggunakan handphone Sony Ericsson kelas middle end namun belum
memutuskan memilih handphone Sony Ericsson kelas middle end tersebut sebagai
handphonenya.
Teknik pengambilan sampel yaitu, Non Probability Sampling dengan
metode convenience sampling. Pengujian instrument dilakukan dengan uji
validitas dan reliabilitas, teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik,
analisis regresi logistik, serta uji hipotesis pada α = 0,05
Hasil penelitian ini mengemukakan bahwa: (1) Kualitas ternyata
berpengaruh signifikan minat beli handphone Sony Ericsson kelas middle end
pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang dengan sig = 0.108
(sig=0.000), (2) Brand image berpengaruh signifikan terhadap minat beli
handphone Sony Ericsson kelas middle end pada mahasiswa Fakultas Ekonomi
Universitas Negeri Padang dengan sig = 0.073 (sig=0.001).
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen-S1 |
| Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
| Date Deposited: | 12 Nov 2025 08:46 |
| Last Modified: | 12 Nov 2025 08:46 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28998 |
