Multahadah, Cut (2011) Penerapan Strategi Pembelajaran Metakognitif dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas XI IA SMA Negeri 1 Gunung Talang Tahun Ajaran 2010/2011. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_CUT MULTAHADAH-86166-2011.pdf
Download (287kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan bahwa dalam pembelajaranmatematika banyak siswa yang bermasalah dalam memahami materi pelajaranyang bersifat konsep, prinsip, dan teori. Kenyataan di lapangan siswa tidakmampu mengontrol aktivitas kognitifnya sedangkan guru lebih mendominasipembelajaran. Hal ini berdampak pada aktivitas dan hasil belajar siswa yangbelum sesuai dengan standar yang ditetapkan. Melihat permasalahan ini, makaditerapkan pembelajaran dengan menggunakan strategi metakognitif denganrumusan masalah bagaimanakah aktivitas dan hasil belajar matematika siswadengan menerapkan strategi metakognitif. Tujuan penelitian ini adalah untukmengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematikadengan menggunakan strategi metakognitif di kelas XI IA SMA Negeri 1 GunungTalang.Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen denganrancangan Randomized Control-Group Only Design. Populasi penelitian iniadalah seluruh siswa kelas XI IA SMA Negeri 1 Gunung Talang yang terdaftarpada Tahun Ajaran 2010/2011. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknikPurposive Sampling, sehingga terpilih kelas XI IA4 sebagai kelas eksperimen danXI IA5 sebagai kelas kontrol. Untuk mengambil data digunakan lembar observasiaktivitas siswa, jurnal siswa dan tes hasil belajar berupa tes essay. Data yangdiperoleh dari lembar observasi dianalisis dengan menggunakan persentase, datayang diperoleh dari jurnal siswa dianalisis dengan menggunakan rubrik penskoranjurnal sedangkan data yang diperoleh dari hasil belajar dianalisis denganmenggunakan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70.Berdasarkan hasil analisis lembar observasi terlihat bahwa aktivitas belajarsiswa cenderung meningkat. Kemudian dilihat dari nilai rata-rata jurnal padaumumnya meningkat pada setiap pertemuan.. Berdasarkan persentase ketuntasanhasil belajar matematika untuk kelas Eksperimen sebesar 53,33% dan kelaskontrol sebesar 46,42%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapatpengaruh yang berarti penerapan strategi Metakognitif terhadap aktivitas dan hasilbelajar Matematika siswa kelas XI IA SMA Negeri 1 Gunung Talang
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | STRATEGI METAKOGNITIF, PEMBELAJARAN MATEMATIKA |
| Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika-S1 |
| Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
| Date Deposited: | 12 Nov 2025 08:43 |
| Last Modified: | 12 Nov 2025 08:43 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28985 |
