Pengaruh Sikap Guru dan Kemampuan Komunikasi Guru terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X di SMA Semen Padang

Afrianti, Mitha (2011) Pengaruh Sikap Guru dan Kemampuan Komunikasi Guru terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X di SMA Semen Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_MITHA_AFRIANI_77626_2807_2011.pdf] Text
final_B1_MITHA_AFRIANI_77626_2807_2011.pdf

Download (535kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Pengaruh sikap dan
kemampuan komunikasi guru terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X
di SMA Semen Padang. (2) Pengaruh sikap guru guru terhadap hasil belajar
ekonomi siswa kelas X di SMA Semen Padang (3) pengaruh kemampuan
komunikasi guru terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X di SMA
Semen Padang.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif asosiatif. Populasi penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas X di SMA Semen Padang sebanyak 274 orang.
Teknik penarikan sampel dengan proportional random sampling dengan
jumlah sampel sebanyak 73 orang. Teknik analisis data: analisis deskriptif
dan analisis induktif, yaitu: uji normalitas, uji homogenitas, dan analisis
regresi berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh bersamasama
yang signifikan antara sikap dan kemampuan komunikasi guru terhadap
hasil belajar ekonomi siswa kelas X di SMA Semen Padang dengan sig
0,000<α= 0,05; fhitung=23,882>ftabel= 3,13. Sumbangan pengaruh variabel
sikap dan kemampuan komunikasi guru terhadap hasil belajar sebesar 40,6%.
(2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh sikap guru terhadap
hasil belajar ekonomi siswa kelas X di SMA Semen Padang dengan sig
0,000<α=0,05;thitung= 5,306 > ttabel= 1,667. (3) Terdapat pengaruh yang
signifikan antara kemampuan komunikasi guru terhadap hasil belajar
ekonomi siswa kelas X di SMA Semen Padang dengan sig 0,002 < α = 0,05;
thitung= 3,268>ttabel=1,667
Berdasarkan hasil penelitian di atas, disarankan kepada guru ekonomi
untuk lebih baik dalam bersikap dan meningkatkan kemampuan komunikasi
dengan siswa, sehingga siswa bersemangat dalam belajar yang akan
mempengaruhi hasil belajar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 12 Nov 2025 08:33
Last Modified: 12 Nov 2025 08:33
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28944

Actions (login required)

View Item
View Item