Hidayati, Rahmi (2011) Perbedaan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Discovery dan Resitasi dengan Tanya Jawab dan Demonstrasi pada Mata Pelajaran Akuntansi di Kelas X SMK N 2 Padang dan SMK N 1 Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_RAHMI_HIDAYATI_88604_2171_2011.pdf
Download (896kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang
signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan metode
pembelajaran discovery dan resitasi dengan tanya jawab dan demonstrasi pada
mata pelajaran akuntansi di kelas X SMK N 2 Padang dan SMK N 1
Payakumbuh. Hipotesis penelitian adalah terdapat perbedaan signifikan terhadap
hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran discovery dan
resitasi dengan tanya jawab dan metode demonstrasi pada mata pelajaran
akuntansi di kelas X SMK N 2 Padang dan SMK N 1 Payakumbuh.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dari penelitian
ini yaitu siswa kelas X SMK N 2 Padang dan siswa kelas X SMK N 1
Payakumbuh. Teknik pengambilan sampel penelitian adalah Purposes Sampling
Method, yaitu metode pemilihan sampel dengan cara sengaja memilih sampelsampel
tertentu dan mengabaikan sampel- sampel lainnya, karena sampel ini
mempunyai ciri- ciri khusus yang tidak dimiliki sampel lainnya, sehingga
diperoleh kelas XB1 pada SMK N 2 Padang sebagai kelas eksperimen dan SMK N
1 Payakumbuh sebagai kelas kontrol. Jenis data yang digunakan adalah data
primer yaitu tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test), kemudian data dianalisis
dengan menggunakan uji Z.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen
pada SMK N 2 Padang 80,00 lebih tinggi dari pada kelas kontrol SMK N 1
Payakumbuh 72,11, dan pada hasil post-test (tes akhir) diperoleh nilai Zhitung >
Ztabel (2.38 > 1.96) yang membuktikan hipotesis diterima pada taraf kepercayaan
95%. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat perbedaan signifikan terhadap
hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran discovery dan
resitasi dengan tanya jawab dan metode demonstrasi pada mata pelajaran
akuntansi di kelas X SMK N 2 Padang dan SMK N 1 Payakumbuh. Dimana
penggunaan metode pembelajaran Discovery dan Resitasi dapat meningkatkan
hasil belajar siswa yang lebih baik dibandingkan dengan metode pembelajaran
Tanya jawab dan Demonstrasi. Untuk itu disarankan kepada guru untuk dapat
mempertimbangkan metode pembelajaran Discovery dan Resitasi, sebagai
alternatif dalam proses pembelajaran
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR SISWA |
| Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions L Education > LC Special aspects of education |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1 |
| Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
| Date Deposited: | 12 Nov 2025 08:21 |
| Last Modified: | 12 Nov 2025 08:21 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28927 |
