Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kelas X SMAN 1 IV Angam.

Fasiska, Zuliani (2011) Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kelas X SMAN 1 IV Angam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_AULIANI_FASISKA_83088_2011.pdf] Text
final_B1_AULIANI_FASISKA_83088_2011.pdf

Download (209kB)

Abstract

Strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw merupakan salah satu solusiterhadap permasalahan pembelajaran yang terjadi di kelas. Berdasarkan observasiyang dilakukan di SMAN 1 IV Angkek, Kabupaten Agam, terlihat bahwapembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) masih berlangsung satuarah. Pembelajaran cenderung terpusat pada guru, sehingga mengakibatkanberkurangnya aktivitas dan rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran TIKyang bersifat apresiatif (pengenalan dan perluasan). Penelitian ini bertujuan untukmengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan strategi pembelajaran kooperatiftipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknologi informasi dankomunikasi (TIK) kelas X SMAN 1 IV Angkek, Kabupaten Agam.Jenis Penelitian ini adalah Quasy Eksperimen dengan populasi siswa kelas XSMAN 1 IV Angkek, Kabupaten Agam yang terdaftar pada tahun pelajaran2010/2011 sebanyak 10 kelas yang berjumlah 299 orang. Pemilihan sampelmenggunakan teknik Purposive Sampling. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelasX.4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.5 sebagai kelas kontrol. Sebelum datadianalisis terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas sebagai syaratuntuk melakukan uji perbedaan rata-rata dengan menggunakan t-test.Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa dengan menggunakanstrategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dikelas X.4 SMAN 1 IV Angkek,Kabupaten Agam terdapat peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasilpenelitian data tes hasil belajar diperoleh rata-rata kelas eksperimen 77, sedangkankelas kontrol 64,75. Data tes hasil belajar siswa kemudian dianalisis dengan t-testsehingga diperoleh thitung 5,00 dengan taraf signifikan α = 0,05, dengan ttabel 2,00.Dengan demikian dapat diketahui t hitung lebih besar dari ttabel (5,00>2,00). Hal iniberarti hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK dengan menggunakan strategipembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih tinggi hasil belajarnya dari pada hasilbelajar siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional yaitu metodeceramah.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF, HASIL BELAJAR SISWA
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 12 Nov 2025 08:07
Last Modified: 12 Nov 2025 08:07
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28867

Actions (login required)

View Item
View Item