Sari, Yulia Yupita (2011) Perbedaan Hasil Belajar Ekonomi antara Variasi Metode Numbered Heads Together (NHT) dengan Diskusi pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 Koto XI Tarusan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_YULIA_YUPITA_SARI_77647_2360_2011.pdf
Download (791kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa hasil belajar ekonomi siswa dengan menggunakan metode Numbered Heads Together (NHT) lebih tinggi dari pada metode diskusi pada siswa kelas VIII SMPN 1Koto XI Tarusan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan melihat kesamaan nilai rata-rata dari total populasi. Populasi adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Koto XI Tarusan. Sampel dari penelitian ini adalah kelas VIII.3 sebagai kelas eksperimen pertama dan kelas VIII.4 sebagai kelas eksperimen kedua. Variabel dari penelitian ini adalah metode Numbered Heads Together (NHT) dan diskusi sebagai variabel bebas dan hasil belajar siswa sebagai variabel terikat. Teknik analisa data menggunakan pengujian hipotesis uji Z dengan α = 0.05. sebelum tes diujikan terlebih dahulu dilakukan uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari uji Z diperoleh Zhitung = 2.82 dan Ztabel = 1.96 (taraf kepercayaan 95%) berarti Zhitung > Ztabel sehingga hipotesis dapat diterima. Kelas eksperimen pertama memiliki rata-rata 72.21 dengan standar deviasi 12.82 sedangkan kelas eksperimen kedua memiliki rata-rata 64.5 dan standar deviasi 11.21 hal ini membuktikan bahwa hasil belajar siswa menggunakan metode Numbered Heads Together (NHT) lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan metode diskusi dalam mata pelajaran IPS Ekonomi siswa kelas VIII SMPN 1 Koto XI Tarusan. Berdasarkan hasil penelitian ini penulis menyarankan kepada pihak sekolah (SMP N 1 Koto XI Tarusan) hendaknya mensosialisasikan metode Numbered Heads Together (NHT) melalui seminar mata pelajaran yang bersifat teks atau teori. Karena memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa dan keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran ekonomi
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR EKONOMI, METODE NUMBERED HEADS TOGETHER |
| Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1 |
| Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
| Date Deposited: | 12 Nov 2025 08:02 |
| Last Modified: | 12 Nov 2025 08:02 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28845 |
