Efektivitas Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Eead Together dalam Mata Pelajaran TIK di Kelas XI SMA Pembangunan Laboretorium Universitas Negeri Padang.

Syahreza, Arsil (2011) Efektivitas Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Eead Together dalam Mata Pelajaran TIK di Kelas XI SMA Pembangunan Laboretorium Universitas Negeri Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_ARSIL_SYAHREZA_72244_2011I.pdf] Text
final_B1_ARSIL_SYAHREZA_72244_2011I.pdf

Download (849kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya hasil belajar siswakhususnya pada pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi, masihkurangnya peran siswa dan didominasi oleh aktifitas guru dalam pembelajaran.Kelas berfokus pada guru sebagai pusat pembelajaran dan proses pembelajarandengan pendekatan konvensional, sehingga hasil belajar tidak sesuai yangdiharapkan. Untuk mengatasi hal tersebut maka digunakanlah model CooperativeLearning tipe Numbered Head Together dalam proses pembelajaran. Penelitian inibertujuan untuk melihat efektivitas dari penggunaan model Cooperative Learningtipe Numbered Head Together dalam mata pelajaran TIK di kelas XI SMAPembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang.Penelitian ini berbentuk kuantitatif dengan pendekatan quasy eksperimen.Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMA Pembangunan Laboratorium UNPPadang yang berjumlah 166 orang yang terdiri dari 4 kelas dan teknikpengambilan sampelnya purposive sampling, yaitu kelas XI IPS2 dan XI IPS1masing-masingnya berjumlah 42 orang. Teknik pengumpulan data digunakan tes,berupa soal objektif sebanyak 30 butir soal, dan alat pengumpul data digunakanlembaran tes dan lembaran jawaban siswa. Kemudian data diolah dengan ujiperbedaan (t-test).Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata–rata kelompok eksperimen yangmenggunakan model cooperative learning type Numbered Head Together 78,73dan SD 9,70 dan nilai rata-rata kelompok kontrol 72,26 dan SD 9,43.Berdasarkan perhitungan t-test diperoleh t hitung 3,06 sedangkan pada tarafkepercayaan 0,05 t tabel 2,00, sehingga t hitung > t tabel. Dengan demikian dapatdisimpulkan penggunaan model Cooperative Learning tipe Numbered HeadTogether efektif pada mata pelajaran TIK di kelas XI SMA PembangunanLaboratorium Universitas Negeri Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODEL COOPERATIVE LEARNING, TEKNOLOGI INFORMASI KOMPUTER
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 12 Nov 2025 05:49
Last Modified: 12 Nov 2025 05:49
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28784

Actions (login required)

View Item
View Item