Dewi, Yulia Prima (2011) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran ilmu Pengetahuan Alam (IPA) melalui Metode Inkuiri di Kelas IV SD Islam Excellent Kota Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_YULIA_PRIMA_DEWI_07633_2070_2011.pdf
Download (193kB)
Abstract
Berdasarkan pengamatan peneliti di SD Islam Excellent Kota Bukittinggi dan hasil wawancara terhadap guru kelas IV SD Islam Excellent Kota Bukittinggi, pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) selama ini masih bersifat konvensional sehingga minat dan hasil belajar siswa menurun. Untuk itu penulis melalui penelitian tindakan kelas ini akan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan menggunakan metode inkuiri. Metode inkuiri adalah metode yang digunakan dalam pembelajaran yang menekankan kepada proses keterlibatan siswa secara penuh dengan menemukan sendiri sehingga mendorong siswa untuk berfikir kritis, analitis dan kreatif. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, bentuk pelaksanaan dan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode inkuiri dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Yang menjadi subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Islam Excellent kota bukittinggi. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan tes, observasi, wawancara dan catatan lapangan. Hasil penelitian dari setiap siklus yang dilaksanakan dalam penelitian ini terlihat peningkatan hasil belajar siswa. Pada siklus I hasil belajar aspek kognitif yaitu 44% dengan kriteria belum tuntas secara klasikal. Selanjutnya pada siklus II meningkat lagi menjadi 92% dengan kriteria tuntas. Hasil belajar aspek afektif pada siklus I termasuk kriteria kurang dengan persentase perolehan skor 30%, kemudian setelah dilakukan tindakan pada siklus II hasil belajar aspek afektif meningkat menjadi 90% dengan kriteria sangat baik. Begitu juga dengan hasil belajar aspek psikomotor pada siklus I diperoleh persentase perolehan skor sebanyak 36% dengan kriteria kurang. Namun setelah diadakan tindakan pada siklus II, hasil belajar aspek psikomotor meningkat menjadi 92% dengan kriteria sangat baik. Maka dapat disimpulkan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) siswa
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR SISWA, PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, METODE INKUIR |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
| Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
| Date Deposited: | 11 Nov 2025 01:12 |
| Last Modified: | 11 Nov 2025 01:12 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28756 |
