Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Biologi Siswa Kelas VIII.1 SMP Negeri 5 Payakumbuh melalui Model Pembelajaran Kooperatif yang Disertai LKS Berbasis Konsep dan Lingkungan dengan Pendekatan Mind Mapping.

Arniati, Arniati (2011) Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Biologi Siswa Kelas VIII.1 SMP Negeri 5 Payakumbuh melalui Model Pembelajaran Kooperatif yang Disertai LKS Berbasis Konsep dan Lingkungan dengan Pendekatan Mind Mapping. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_ARNIATI- 5287-2011.pdf] Text
final_B1_ARNIATI- 5287-2011.pdf

Download (178kB)

Abstract

Dari pengalaman peneliti mengajar aktivitas belajar biologi siswa kelasVIII.1 SMP Negeri 5 Payakumbuh masih tergolong rendah. Perlu dilakukan suatuupaya agar aktivitas siswa tersebut meningkat dalam proses pembelajaran. Salahsatu cara agar aktivitas siswa meningkat yaitu dengan melaksanakan modelpembelajaran kooperatif yang disertai LKS berbasis konsep dan lingkungandengan pendekatan mind mapping.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar biologi siswakelas VIII.1 SMP Negeri 5 Payakumbuh. Penelitian ini adalah PenelitianTindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswakelas VIII.1 SMP Negeri 5 Payakumbuh tahun pelajaran 2010/2011, denganjumlah siswa 26 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasiyang dilakukan oleh seorang observer.Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif yangdisertai LKS berbasis konsep dan lingkungan dengan pendekatan mind mappingmeningkatkan aktivitas belajar siswa, yaitu dari refleksi awal aktivitasmemperhatikan penjelasan guru naik 40 %, membaca materi ajar naik 34 %,berdiskusi atau mengisi LKS naik 48,7 %, bertanya naik 16,3 %, menanggapipertanyaan naik 16,6 %, menerangkan pada teman naik 12 %, membuat catatanatau mind map naik 50 %. Aktivitas siswa yang acuh tak acuh menurun 21,3 %,bercanda atau meribut turun 15,3 %, bemalas-malasan turun 27,3 %, danmengganggu teman turun 16,7 %. Rata-rata aktivitas positif siswa pada refleksiawal hanya mencapai 31,6 %, dan pada siklus I meningkat menjadi 50,7 %sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 60 %. Rata-rata aktivitas negatifsiswa pada refleksi awal mencapai 27 %, pada siklus I turun menjadi 15,5 %,sedangkan pada siklus II turun menjadi 6,9 %. Dapat disimpulkan bahwa aktivitasbelajar biologi siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 5 Payakumbuh dapat ditingkatkandengan penerapan model pembelajaran kooperatif yang disertai LKS berbasiskonsep dan lingkungan dengan pendekatan mind mapping.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: BELAJAR BIOLOGI, MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 11 Nov 2025 01:12
Last Modified: 11 Nov 2025 01:12
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28754

Actions (login required)

View Item
View Item