Penggunaan Pendekatan Keterampilan Proses untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA di Kelas IV SD No. 07 Ikur Koto Kota Padang.

Armiati, Armiati (2011) Penggunaan Pendekatan Keterampilan Proses untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA di Kelas IV SD No. 07 Ikur Koto Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_ARMIATI_09476_87_2011.pdf] Text
final_B1_ARMIATI_09476_87_2011.pdf

Download (201kB)

Abstract

Pembelajaran IPA di sekolah dasar bertujuan untuk menumbuhkankemampuan berfikir, bekerja, dan bersikap ilmiah serta mengkomunikasikannyasebagai aspek penting kecakapan hidup. Pembelajaran IPA menekankanpemberian pengalaman secara langsung melalui penggunaan dan pengembanganketerampilan proses dan sikap ilmiah. Berdasarkan pengamatan teramati bahwapembelajaran IPA yang dilaksanakan di kelas IV SD terteliti belum optimal.Karena guru hanya memberikan hafalan berupa konsep atau prinsip saja dalampembelajaran dan pendekatan belajar yang digunakan guru selalu pendekatankonvensional.Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalahpendekatan kualitatif dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan.Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dan dilakukan secara kolaboratif. Datapenelitian ini berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yangdiperoleh dari hasil pengamatan setiap tindakan sertahasil belajar siswa pada setiap siklus. Sumber data adalah proses penggunaanpendekatan ketrampilan proses dalam pembelajaran IPA di Kelas IV SD No. 07Ikur Koto Kota Padang. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDterteliti.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan PKP dalampembelajaran IPA di kelas IV terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Peningkatan tersebut tercermin dalam hal (1) penggunaan PKP dapatmeningkatkan hasil belajar siswa, yaitu yang semula rata-rata hanya mencapai 7,0menjadi rata-rata 8,1, (2) siswa terlatih dalam melakukan keterampilan proses,dan (3) fungsi guru berubah menjadi fasilitator dan motivator.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PENDEKATAN KETERAMPILAN, HASIL BELAJAR SISWA, PEMBELAJARAN IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 10 Nov 2025 10:26
Last Modified: 10 Nov 2025 10:26
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28750

Actions (login required)

View Item
View Item