Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Buku di Toko Gramedia Padang.

Armaizora, Armaizora (2010) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Buku di Toko Gramedia Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_ARMAIZORA_65343_2093_2010.pdf] Text
final_B1_ARMAIZORA_65343_2093_2010.pdf

Download (326kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Pengaruh harga buku diToko Gramedia Padang terhadap permintaan buku di Toko Gramedia Padang (2)Pengaruh preferensi konsumen terhadap permintaan buku di Toko GramediaPadang (3) Pengaruh pendapatan konsumen terhadap permintaan buku di TokoGramedia Padang (4) Pengaruh harga buku di Toko Gramedia Padang, preferensikonsumen, dan pendapatan konsumen terhadap permintaan buku di TokoGramedia Padang.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Jenis datadalam penelitian ini adalah data primer dari 60 sampel konsumen buku di TokoGramedia Padang dengan teknik pengumpulan data angket menggunakan teknikaccidental random sampling. Teknik analisis data adalah deskriptif dan induktif.Analisis induktif dalam penelitian ini mencakup (1) Uji Multikolinearitas. (2) UjiNormalitas. (3) Uji Heterokedastisitas. (4) Analisis regresi linear berganda. (5)Analisis Determinasi (R2). (6) Uji t. (7) Uji F dan menggunakan α =. 0,05Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Secara parsial harga buku diToko Gramedia Padang berpengaruh negatif dan signifikan terhadap permintaanbuku di Toko Gramedia Padang (sig = 0,037) dengan tingkat pengaruh sebesar-0,292 (2) Secara parsial preferensi konsumen berpengaruh positif dan signifikanterhadap permintaan buku di Toko Gramedia Padang (sig = 0,000) dengan tingkatpengaruh sebesar 0,595 (3) Secara parsial preferensi konsumen berpengaruhpositif dan signifikan terhadap permintaan buku di Toko Gramedia Padang (sig =0,044) dengan tingkat pengaruh sebesar 0,521 (4) Harga buku di Toko GramediaPadang, preferensi konsumen, dan pendapatan konsumen secara bersama-samamemberikan pengaruh terhadap permintaan buku di Toko Gramedia Padang (sig =0,000). Sumbangan variabel bebas secara bersama-sama terhadap variabel terikatadalah sebesar 48,7 persen sedangkan sisanya sebesar 51,3 persen dipengaruhioleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini.Penulis menyarankan Toko Gramedia Padang yang didukung oleh PT.Gramedia Asri Media agar meningkatkan inovasi dan kreasi yang lebih baik,penetapan harga yang sesuai dengan utilitas yang diberikan pada konsumen, sertapeningkatan pelayanan, keamanan, kenyamanan guna meningkatkan kepercayaandan loyalitas konsumen terhadap produk Toko Gramedia.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PERMINTAAN BARANG, TOKO GRAMEDIA
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 10 Nov 2025 08:33
Last Modified: 10 Nov 2025 08:33
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28744

Actions (login required)

View Item
View Item