Peningkatan Hasil Belajar Luas Segi Banyak dengan Menggunakan Pendekatan Kooperatif Tipe STAD di Kelas VI SDN 09 Malintang Kecamatan Salimpaung Kabupaten Tanah Datar.

Armaita, Armaita (2011) Peningkatan Hasil Belajar Luas Segi Banyak dengan Menggunakan Pendekatan Kooperatif Tipe STAD di Kelas VI SDN 09 Malintang Kecamatan Salimpaung Kabupaten Tanah Datar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_ARMAITA_52180_1202_2011.pdf] Text
final_B1_ARMAITA_52180_1202_2011.pdf

Download (199kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa pembelajaran masihdidominasi oleh guru sebagai sumber informasi. Banyak cara belajar yang diterapkanoleh guru dalam penyajiannya. Diantaranya adalah cara belajar kooperatif tipe StudentsTeam Achievement Division (STAD). Dalam belajar kooperatif tipe STAD ini siswa dibagimenjadi kelompok-kelompok kecil yang heterogen, mereka saling membantu dan bekerjasama dalam menyelesaikan tugas yang diberikan guru, dengan tujuan agar semua anggotakelompok dapat mengerjakan tes secara individual demi peningkatan skor perkembangankelompok. Karena setiap kelompok yang meraih prestasi tinggi akan mendapatpenghargaan. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendeskripsikanbentuk perencanaan, bentuk pelaksanaan, dan hasil belajar siswa dengan menggunakanbelajar kooperatif tipe STAD pada materi luas segi banyak.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakanpendekatan kualitatif. Penelitian ini meliputi: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan,3)pengamatan, dan 4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dilakukandengan cara bekerja sama antara peneliti dengan teman sejawat. Data penelitian iniberupa informasi tentang data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil observasi,pengamatan aktivitas guru dan siswa, tes awal dan tes individual. Subjek dalam penelitianini adalah siswa kelas VI yang berjumlah 25 orang pada semester II tahun ajaran2010/2011.Hasil penelitian siklus I adalah pada tes individual rata-rata nilai siswa 70.Sedangkan pada siklus II rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 80. Berdasarkan hasilpengamatan terlihat peningkatan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran. Makadapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan belajar kooperatif tipe STAD dalampembelajaran matematika pada materi luas segi banyak dapat meningkatkan hasil belajarsiswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HAIL BELAJAR, PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE STAD
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 10 Nov 2025 08:33
Last Modified: 10 Nov 2025 08:33
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28738

Actions (login required)

View Item
View Item