Pengaruh Motivasi Keluarga terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Teknik Bangunan SMK Negeri 2 Pematangsiantar

Purba, Arifin (2013) Pengaruh Motivasi Keluarga terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Teknik Bangunan SMK Negeri 2 Pematangsiantar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_ARIFIN_ PURBA_1209495_208_2014.pdf] Text
B1_01_ARIFIN_ PURBA_1209495_208_2014.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh motivasi
keluarga terhadap hasil belajar siswa kelas X Teknik Bangunan Program studi
konstruksi batu dan beton Tahun ajaran 2012/2013 SMK Negeri 2
Pematangsiantar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
deskriptif, Populasi penelitian 62 orang siswa dan seluruh populasi dijadikan
sampel dan merupakan penelitian populasi (Total sampling). Variabel yang
digunakan dalam penelitian ini adalah dua variabel yaitu pengaruh motivasi
keluarga merupakan variabel bebas ( X ) dan hasil belajar siswa merupakan
variabel terikat ( Y ).
Penyusunan Insturmen penelitian skala Likert digunakan untuk mnengukur
sikap,pendapat dan persepsi seseorang atau kelompok atau gejal sosial.Sebelum
digunakan sebagai alat pengumpul data, terlebih dahulu uji coba dilakukan
guna mengetahui validitas dan reabilitas instrument. Uji coba angket
dilakukan di SMK Swasta GKPS 2 Kelompok teknologi dan industry
Pematangsiantar pada siswa sebanyak 30 orang untuk mengetahui validitas dan
reabilitas instrument, dianalisis dengan menggunakan korelasi produk momen
Analisis data uji coba validitas dilakukan dengan menggunakan bantuan
Microsoft Excel, dari uji coba validitas 55 item angket, diperoleh 45 item yang
valid (



koefisien alpa ( Koefisien Reabilitas ) didapat

0,962Dari
analisis korelasi antara variabel X dan Y didapat harga

sebesar 0,531


dan dari uji keberartian korelasi diperoleh



( 4,284 >
2,004 ), pada taraf signifikanα = 5%. Maka Ho ditolak, ar tinya ada pengaruh yang
signifikan antara pengaruh motivasi keluarga terhadap hasil belajar siswa Tenik
bangunan program studi konstruksi Batu beton mata pelajaran gambar bangunan.
Hasil analisis menunjukkan bahwa pengaruh keluarga memberikan kontribusi
yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Teknik
menggambar dasar sebesar 28,20%. Ini berarti pengaruh motivasi keluarga
merupakan satu factor penting yang dapat memprediksi dan meningkatan prestasi
belajar siswa pada mata diklat Teknik gambar bangunan dan sisanya sebesar
71,80% dipengaruhi oleh factor lain atau variabel yang tidak diteliti dalam
penelitian ini.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 27 Feb 2025 07:11
Last Modified: 27 Feb 2025 07:11
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/2872

Actions (login required)

View Item
View Item